Warga Lawangagung Budidayakan Tembakau Kualitas Tinggi

Warga Lawangagung Budidayakan Tembakau Kualitas Tinggi
Tembakau “Tiding Genting” Cita Rasa Khas Dataran Tinggi Tanah Besemah.(foto ist)

Citarasa Dataran Tinggi Besemah

LAHAT, MEDIASRIWIJAYA – Selain terkenal akan kopi robustanya, Kabupaten Lahat ternyata juga penghasil tembakau. Dengan rasa khas dan aroma berkualitas tinggi, tembakau dari Desa Lawang Agung Kecamatan Muara Payang.

Ditanam di lahan seluas sekitar 20 hektar dan merupakan binaan dari Dinas Pertanian Lahat, tembakau hasil Kelompok Tani Air Terjun 1 pimpinan bapak Imran ini bisa diperoleh dengan harga terjangkau, dan tak bikin kantong bolong. “Alhamdulillah selain penghasil kopi, kita juga penghasil tembakau yang mempunyai citra rasa tersendiri, hasil olahan kelompok tani ini dijual dengan harga cukup terjangkau hanya 2 hingga 3 ribu satu kibik dengan berat 1 Ons atau 100 gram,” ujar Plt Kadis Pertanian H.Zaini melalui Kabid Perkebunan Haris Budiman, melansir sumateranews, Senin (7/10).

Menurut Haris, pihaknya saat ini butuh pihak ketiga untuk mengembangkan dan memasarkan produk tembakau tiding genting tersebut. “Saat ini terkendala sulitnya pemasaran dan kurang promo saja, kalau rasa kita tidak kalah dengan tembakau pada umumnya, kita berharap semoga adanya pihak ketika yang bisa menjembatani Tembakau Tiding Genting sejajar dengan Tembakau di Pulau Jawa,” harap dia.(net)