Warga Empat Lawang dan Sekitarnya Diguncang Gempa Tektonik M4.3

Warga Empat Lawang dan Sekitarnya Diguncang Gempa Tektonik M4.3

EMPATLAWANG, MEDIASRIWIJAYA – Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati diguncang gempa bumi yang berkekuatan 4,3 Skala Richter, warga Empat Lawang Dan sekitarnya sebagian dikejutkan dengan adanya gempa bumi tersebut,namun banyak juga yang tidak mengetahui dan tidak menyadari kalau telah terjadi gempa bumi,dikarenakan getarannya tidak terlalu kuat dan berlangsung dalam hitungan detik saja pafa Jum’at (30/1/2020). Sekitar Pukul 18.55 WIB.

Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang, yang didapat menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa Tektonik terletak pada titik kordinat 3.61 Lintang Selatan – 102.84 Bujur Timur, tepatnya berada di Darat, wilayah bukit barisan pada jarak 14 Kimeter Barat Laut dengan kedalaman 2 Kilometer Daratan 4.3 Magnito Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan.

“Kalau saya cek berdasarkan google earth, titik lokasi gempa bumi masuk wilayah kecamatan Talang Padang di Bukit Barisan yang berbatasan dengan provinsi Bengkulu,” kata Kepala BPBD Empatlawang, Kuswinarto.

Lanjutnya, menurut informasi getaran gempa bumi juga menggoncang di daerah Provinsi Bengkulu dan Lubuk Linggau. Kendati dirinya pun  tetap mengimbau kepada masyarakat Empat lawang khususnya agar tetap waspada terhadap gempa susulan. “Diimbau agar masyarakat Empatlawang tetap waspada dan hati- hati, jika terjadi gempa cepat-cepat keluar dari rumah dan mencari tempat yang terbuka, misalnya seperti lapangan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan,”tuturnya.

Amsi, salah seorang warga Prumnas Budidaya, yang tinggal di sebelah MTsN Tebing Tinggi tidak mengetahui dan tidak merasakan telah terjadi gempa yang melanda Kabupaten Empat Lawang dan sekitarnya.

"Saya saja tahunya dari medsos, kalau sore hari tadi telah terjadi gempa bumi, karena Alhamdulillah kami di sini tidak terasa guncangan gempa bumi, aman-aman saja,biasanya kan kalau ada apa-apa, dikompleks Mts ini kompak,"jawabnya saat ditanya awak media ini prihal telah terjadi gempa bumi.

Sementara itu, Kapolsek Talang Padang, AKP Hari Apdika, saat dihubungi via telepon mengatakan, goncangan memang cukup terasa kuat di wilayah Kecamatan Talang Padang. “Ya benar kami disini merasa cukup kuat goncangannya,namun hanya sebentar saja, cuma satu detikkan lah,” Kata AKP Hari.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya telah berkoordinasi ke anggotanya untuk mencari informasi terkait dampak guncangan dari gempa Bumi tersebut. “Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan, akibat dampak dari gempa bumi ini, tetapi kami telah berkoordinasi, untuk mencari kalau ada informasi kerusakan," ujarnya. (B4R)