Wah, Jokowi Ke Pasar dengan Motor Modifikasi Baru

Wah, Jokowi Ke Pasar dengan Motor Modifikasi Baru
(Foto Humas Setpres)

JAKARTA, MEDIASWIRIJAYA.com - Minggu pagi, Jokowi kembali blusukan, kali ini mengunjungi Pasar Anyar Tangerang, Banten. Ada yang berbeda, Presiden menggunakan motor modifikasi baru.

Dari warna, motor baru Jokowi kali ini berwarna hijau sedangkan motor modifikasi yang sebelumnya kuning keemasan.

Dilansir dari liputan6.com motor milik orang nomor satu di negeri tersebut adalah Kawasaki W175 yang telah dimodifikasi menjadi model tracker dengan tangki bensin bertuliskan Jokowi.

Pemesanan motor modifikasi itu berawal saat Jokowi mengunjungi Otobursa Tumplek Blek 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 21 Juli 2018. Saat itu, Jokowi sempat singgah ke stan Katros Garage milik Andi Akbar.

Katros kemudian diminta menyelesaikan motor tersebut dalam waktu kurang dari seminggu. Sebelumnya beredar foto-foto Kawasaki W175 bergaya tracker. Itu merupakan versi sementara. Bukan model yang benar-benar sesuai dengan permintaan Jokowi.

"Jadi yang kalian lihat itu hanya model sementara karena Bapak (Jokowi) tiba-tiba bilang mau pakai," jelas Atenx sapaan Andi saat ditemui Liputan6.com di Makassar, Sulawesi Selatan, September lalu.

Atenk menceritakan perihal model sementara itu. Awalnya staff Presiden memberi tenggat waktu pengerjaan selama dua bulan. Namun saat dalam proses pengerjaan tiba-tiba motor itu minta diselesaikan segera karena mau dipakai.

"Di tengah-tengah proses pengerjaan ada agenda bapak mau pakai motor, jadi harus jadi sebelum dua bulan, dan itu saya enggak bisa selesaikan," kata Atenx.

"Akhirnya saya kasih solusi, bagaimana kalau dipertengahan itu motornya dibikin dulu tapi tidak seperti deal di awal. Tapi enggak tahu akhirnya itu motor dipakai apa enggak, yang jelas motor itu sudah diantar ke Istana," ia menambahkan.

"Jadi modelnya akan jauh beda dari yang awal (model sementara). Dari gaya aliran akan berbeda. Kalau yang kemarin tracker, misalnya sekarang jadi board tracker. Genrenya berubah," ujar Atenx.
Menurut Atenk saat dihubungi Liputan6.com, ubahan pada motor modifikasi yang dipakai Jokowi, Minggu pagi sudah sesuai dengan yang diinginkan.

"Jadi yang pertama itu dibikin nggak sesuai konsep awal karena Jokowi minta buru-buru. Setelah itu digarap lagi buat dibikinin sesuai konsep awal," ujar Atenk.

Dibanding model awal ada sejumlah perbedaan. Terlihat jelas di tangki bensin lebih mengotak. Termasuk cover bodi bagian samping yang punya garis tegas berbentuk segitiga.

Jok juga tidak rata namun memiliki gaya motor choper dengan posisi pengendara lebih rendah dari penumpang. Setang jepit lurus tak seperti awal yang bergaya tracker. Spakbor depan yang awalnya tinggi layaknya motor tracker kini mendekat ke ban.

Lampu depan yang semula polos kini memiliki cap yang membuatnya lebih sporti. Knalpot tak luput dari ubahan menyesuaikan bentuk bodi yang ikut berubah.

Yang paling menarik adalah perubahan pada sistem kaki belakang. Motor  Jokowi tidak pakai shock absorber seperti versi pertama kali. Artinya, motor ini merupakan Kawasaki W175 pertama yang menerapkan sistem rigid.

"Dan yang spesial, motor itu akan jadi salah satu motor modifikasi dengan basic W175 rigid pertama. Jadi enggak pakai shock belakang. Frame banyak berubah, tapi shock depan tetap up side down," bisik Atenk sebelumnya.

Sumber : liputan6.com