Viral! Deteksi Sakit Jantung dengan Rendam Jari di Air Es Selama 30 Detik

Viral! Deteksi Sakit Jantung dengan Rendam Jari di Air Es Selama 30 Detik
Ilustrasi memasukkan jari ke dalam air dengan es batu dapat mendeteksi sakit jantung. 

JAKARTA, MEDIASRIWIJAYA.com - Jantung merupakan salah satu organ yang berperan penting di dalam tubuh seseorang. Namun, seringkali penyakit jantung juga sering terlewat tanda ataupun gejalanya. Hal ini membuat banyak orang tidak mengetahui kalau dirinya memiliki jantung yang tidak sehat.

Untuk mengetahuinya, pasti tenaga medis seperti dokter menyarankan untuk melakukan medical check up. Tapi, selain itu ada cara yang lebih mudah yang juga bisa bantu deteksi apakah keadaan jantung kamu itu sehat atau tidak.

Dikutip dari Mirror, caranya kamu membutuhkan mangkuk atau baskom besar, air dingin, dan beberapa es batu. Mula-mula, isi wadah yang telah disiapkan dengan air dingin dan tambahkan dengan beberapa es batu agar hasilnya lebih maksimal.

Lalu letakkan kedua tangan kamu sepenuhnya ke dalam air selama 30 detik, tanpa pergerakan apa-apa. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tubuh kamu merespon saat dipaksa menghadapi suhu yang dingin. Setelah itu, akan ada dua kemungkinan yang akan terjadi.

Pertama, jari-jari kamu akan terlihat memerah dan justru itu jadi tanda yang baik. Jika kamu mendapatkan hasil seperti ini, berarti tidak memiliki masalah apapun dengan oksigenasi darah, sirkulasi darah lancar, dan jantung kamu sehat.

Tapi sebaliknya, jika ujung jari terlihat pucat atau membiru, berarti ada masalah dengan sirkulasi darahmu. Ini terjadi saat sel darah merah memiliki kadar oksigen yang rendah.

Agar keadaan jari kembali seperti semula, kamu bisa memijatnya untuk meningkatkan sirkulasi darah. Cara ini perlahan akan membantunya kembali normal. Namun, jika paparan dingin ini malah membuat tubuh membiru disertai berbagai gejala, seperti sesak napas, sakit kepala, nyeri dada, berkeringat, mati rasa atau pusing, segera minta pertolongan medis secepatnya.(net)