Tim Labfor Cek Penyebab Kebakaran

Tim Labfor Cek Penyebab Kebakaran
Foto: Untuk memastikan penyebab kebakaran yang melanda warga Rt 06 dan Rt 08 Jalan PS Ing Kenayang Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Gandus Palembang, Selasa (15/10) kemarin, akhirnya Tim dari Labfor Bareskrim Polri Polda Sumsel, melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lokasi kebakaran.

PALEMBANG, MEDIA SRIWIJAYA - Untuk memastikan penyebab kebakaran yang melanda warga Rt 06 dan Rt 08 Jalan PS Ing Kenayang Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Gandus Palembang, Selasa (15/10) kemarin, akhirnya Tim dari Labfor Bareskrim Polri Polda Sumsel, melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lokasi kebakaran.

Tim Labfor tiba sekitar pukul 08.30 Wib, langsung mendatangi lokasi kebakaran di rumah Alip yang diduga asal pertama kali timbulnya api. Lokasi di tanah rumah Alip telah terpasang polisi line mengingat rumah lantai dua milik korban Akip hanya tingga sisa -sisa kebakaran saja dan beberapa tiang rumah yang sudah jadi arang.

Untuk asal api, berdasarkan keterangan Hamzah Bin Akip (19), anak pemilik rumah yang saat kejadian sedang tertidur di lantai dasar rumah, dirinya terkejut dan bangun dari tidur rumah sudah terbakar. "Aku lagi tidur di bawah terdengar bunyi kresek-kresek genteng jatuh pas aku lihat ke atas api besar, waktu itu tidak ada aktivitas masak, rumah kami 2 tingkat," ujar Hamzah saat ditanya petugas Labfor. "Pas aku lihat lagi, kabel (listrik) sudah putus di atas pelapon cuma kabel kabel meteran listrik, di lantai atas ada juga kamar," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan saksi, M Yunus (64) Warga Rt 06 ini, di hadapan petugas Labfor, mengatakan jika api memeng berasal dari rumah AKIP dan sudah dalam kondisi membesar. "Api itu sudah besar sudah naik ke genteng itu rumah AKIP, waktu api mulai membesar di lantai bawahnya itu ada anak Akip satu orang, yang besar bernama Hamzah, waktu api besar dia sempat mengeluarkan TV," jelas Yusup.

Usai meminta keterangan para saksi, para tim Labfor langsung mulai bekerja memeriksa setiap sudut yang terbakar. Kapolresta Palembang Kombes Pol Didi Hayamansyah membenarkan jika pihaknya telah menurunkan Tim Labfor ke lokasi kebakaran. "Saat ini kita sudah mendatangkan tim laboratorium forensik untuk melakukan penelitian sebab-sebab kebakaran yang terjadi kemarin," jelasnya.

Untuk hasil olah TKP yang dilakukan tim Labfor, dikatakan Kapolresta Palembang, masih dalam proses pemeriksaan dan penyelidikan. "Labfor baru datang hari ini sedang olah TKP di tempat kejadian kebakaran kemarin, kita kemarin hanya mengamankan lokasi kebakaran, ini masih dalam penyelidikan belum tahu penyebab kebakaran," terang Kombes Pol Didi.(Ly).