Tarik Tambang Ibu-ibu Meriahkan HUT RI, Warga Desa Muara Maung

Tarik Tambang Ibu-ibu Meriahkan HUT RI, Warga Desa Muara Maung
(Foto Istimewa)

LAHAT, MEDIASRIWIJAYA.com - Dalam rangka memeriahkan dan menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan RI ke-74 warga Desa Muara Maung Kecamatan Merapi Barat kab Lahat, Sumatera Selatan. Melaksanakan sejumlah lomba, seperti lomba tarik tambang ibu-ibu dan balap karung. 

Rusdi salah satu pemuda Desa Maung, yang juga merupakan desa yang berjarak sekitar beberapa meter dari PLTU Keban Agung, Sabtu (17/8) mengatakan, meskipun terik tetapi sejak pagi ratusan masyarakat di desa tersebut telah berkumpul di pinggir Sungai Lematang.

"Berbagai perlombaan  pun dilaksanakan di lapangan yang diikuti dengan semangat warga desa, begitu juga dengan tarik tambang yang pesertanya, ibu-ibu sangat meriah," katanya.

Dia menambahkan, perlombaan yang diadakan oleh panitia diantaranya futsal, bola voli, balap karung, panjat pinang, tarik tambang, tangkap bebek, tarik sarung ambil kursi, joget balon,hias sepeda, makan kerupuk, masukan paku dalam botol,ambil bendera, dan masukan air dalam baskom.


Acara tersebut, terselenggara atas kerja keras seluruh  Karang Taruna Desa Muara Maung  mulai  dari  mengumpulkan dana, dilanjutkan dengan membuat gapura, menyiapkan perlengkapan perlombaan, tambahnya. 

Ketua Karang Taruna Desa Muara Maung, Edy mengatakan, berterima kasih kepada seluruh warga desa yang telah bahu membahu dan bersusah payah dalam menyukseskan acara ini dan berkat kekompak  acara ini dapat terselenggara.

"Saya berharap kedepan kekompakkan ini tetap terjalin dan mari kita bersama-sama menjaga lingkungan yang kita cintai ini dari ancaman polusi debu batu bara dan PLTU. Meriahnya acara ini tak luput dari bimbingan forum salim, dengan programnya.
 

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya acara tahun ini di diadakan di pinggir desa yang bersebrangan langsung dengan PLTU Keban Agung di mana setiap sore,  keluar pencemaran melalui cerobong PLTU tidak terbayangkan  berapa banyak anak-anak sampai orang lansia menghirup partikel pm2.5 yang sangat berbahaya untuk kesehatan manusia.

Dirgahayu Republik Indonesia ke-74 tahun jaya selalu dan bersihkan Indonesiaku dari energi fosil batu bara merdeka merdeka merdeka.(ert)