Sukses Selenggarakan Dempo Coffee Culture

Sukses Selenggarakan Dempo Coffee Culture
Walikota Pagaralam Alpian Maskoni saat menghadiri Dempo Coffee Culture.(foto ist)

PAGARALAM, MEDIASRIWIJAYA - Pemkot Pagar Alam melalui Dinas Pariwisata mengadakan acara yang bertajuk Dempo Coffee Culture di kawasan Villa Eks MTQ Gunung Gare, Sabtu (6/10) malam.

Even yang mengambil tema "Biarkan Kopi Bercerita" ini diisi dengan beragam acara yang mengangkat berbagai potensi daerah Pagar Alam, mulai dari pameran kopi, makanan khas, hingga seni budaya asli Besemah.

Menariknya,  panitia juga mengadakan lomba berupa adu keterampilan meracik kopi robusta Pagar Alam, yang diikuti oleh para barista di Sumatera Selatan, Lampung bahkan dari Kota Bandung, melansir rmolsumsel.

Walikota Alpian Maskoni yang hadir bersama Wakil Walikota Muhammad Fadli dan Forkopimda, mengapresiasi event untuk para pengiat kopi tersebut. Walikota mengatakan melalui event ini kopi robusta khas Pagar Alam akan lebih dikenal masyarakat di luar Pagar Alam.

Walikota menjelaskan, upaya Pemkot Pagar Alam dalam memajukan kopi yang menjadi penghasilan utama masyarakat Pagar Alam, tidak hanya sebatas di budidaya saja. Namun juga berlanjut dengan pengelolaan kopi pasca panen.

Menurut Walikota, dengan pengelolaan  kopi yang berkualitas dan menarik seperti yang disajikan pada acara Dempo Coffee Culture, maka nilai ekonomi kopi dari Bumi Besemah akan semakin bertambah.

Walikota melihat perkembangan para pengiat kopi di Pagar Alam sudah semakin berkembang. Hal tersebut terlihat dari banyaknya kedai-kedai kopi yang dikelola oleh anak-anak muda Pagar Alam.

"Saya kira anak-anak muda ini telah membangun pengelolaan pasca panen yang sangat baik, mulai dari penyortiran, packaging, hingga didukung dengan barista-barista yang handal, serta pemasaran yang sudah mengikuti perkembangan zaman seperti online store," papar walikota.

Untuk itu, Walikota mengajak kepada seluruh pengiat kopi di Pagar Alam, untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas kopi Pagar Alam, agar dapat bersaing dan dikenal di nusantara maupun mancanegara.

Ramadian Pelaksana Even menjelaskan untuk event kali ini Pemerintah Kota Pagaralam melalui Dinas Pariwisata  berbeda dari biasanya serta untuk even pihaknya akan menampilkan Entertainment seperti Pertunjukan Seni Budaya Asli Pagaralam.

Even kali  akan diikuti oleh 30 perserta Barista dari berbagai Kota dan Kabupaten di Sumatera Selatan yang akan mengolah kopi robusta Pagaralam serta ada Fhoto Competition tentang sejarah Kopi Pagaralam dengan Hashtags #BiarkanKopiBercerita,” ujarnya.

Tidak hanya itu di Even Dempo Coffee Culture Festival  ada Pameran Kopi Pagaralam, Area Kuliner, Camp Activity , area Hammock dan untuk menghibur selama event berjalan nanti akan ada Musik Performen dari Daun Tubuh Band, Baby Rasta Band, Nama Sementara Band, dan Guar Guar Band.(net)