Sosialisasi Obat Sejak Dini

Sosialisasi Obat Sejak Dini
Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pengurus Cabang Muaraenim menggelar sosialisasi pengenalan obat sejak usia kepada ratusan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Muaraenim.(foto ist)

MUARAENIM, MEDIASRIWIJAYA - Untuk mengenalkan obat-obatan sejak usia dini, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pengurus Cabang Muaraenim menggelar sosialisasi pengenalan obat sejak usia kepada ratusan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Muaraenim.

Suasana sosialisasi yang digelar para apoteker tersebut ternyata cukup menarik para siswa terbukti dihadiri oleh ratusan siswa apalagi disela-sela sosialisasi tersebut bertaburan doorprise membuat sehingga siswa bertambah semangat mengikuti kegiatan tersebut, melansir lenterapendidikan, pekan lalu.

Menurut Ketua Ikatan Apoteker Indonesia cabang Muaraenim, Siti Fatlah Dewi SSi APt mengungkapkan, kegiatan dilaksanakan adalah dalam rangka memperingati hari Farmasi Segini tahun 2019. Untuk itu, pengurus cabang IAI Muaraenim berpartisipasi menggelar sosialisasi pengenalan obat sejak dini untuk pelajar siswa tingkat dasar. Kedepan, kegiatan seperti ini akan terus ditingkatkan kepada seluruh sekolah di wilayah Kabupaten Muaraenim dalam rangka mengedukasi anak-anak memberikan pengetahuan mengenai obat sejak dini. Sehingga sejak dini anak-anak paham dan terhindar dari penyalahgunaan obat-obatan yang beredar.

Saat ini, lanjut Fatlah, banyak sekali jenis obat beredar baik secara bebas maupun menggunakan resep dokter, namun masyarakat masih belum banyak mengetahui keaslian ataupun kadaluarsa obat-obat yang beredar bebas dipasaran. Untuk itu, masyarakat juga wajib mengetahui dan paham dengan kode yang tertera dalam obat. Misalnya warna merah khusus obat keras, warna hijau untuk obat beredar bebas, dan lainnya. "Bahwa untuk mengkonsumsi obat itu harus sepengetahuan orang tua atau orang dewasa, untuk memastikan bahwa obat itu aman di konsumsi," tambahnya.

Kedepan, kegiatan IAI ini tidak akan berhenti disini. Pengurus Kabupaten Muaraenim akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya seluruh  pelajar di Kabupaten Muaraenim. Harapan kita seluruh pelajar akan kita berikan edukasi. Kami sangat menyambut baik pihak-pihak yang mau mendukung dan kerjasama dengan PC IAI Kabupaten Muaraenim dalam melaksanakan program ini.

Sementara itu, Kepala Sekolah MIN 1 Muaraenim Drs Juniar sangat menyambut baik kerjasama antara Ikatan Apoteker Indonesia Muaraenim dengan MIN 1 Muaraenim dibidang kesehatan ini. Kedepan, pihaknya berharap seluruh siswa didiknya mendapat kesempatan menerima penyuluhan tersebut sehingga mereka bisa memahami mengenai penggunaan obat yang benar.(net)