SKPP Terpilih Ujung Tombak Sosialisasi Pengawasan

SKPP Terpilih Ujung Tombak Sosialisasi Pengawasan

BATURAJA, MEDIASRIWIJAYA – Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya melalui Anggota Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Kordiv Pengawasan, Hubal dan Humas, Yeyen Andrizal, mengatakan sebayak 29 orang putra dan putri daerah berjuluk bumi sebimbing sekundang dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP).

Dijelaskan Yeyen, tahapan selanjutnya peserta akan mengikuti pembukaan serentak secara Daring pada 4 Mei 2020 melalui Media sosial Bawaslu Sumsel. Peserta akan mengikuti materi selama sembilan hari secara online yang telah disiapkan oleh Bawaslu RI. 

"Akhirnya nanti peserta tersaring kembali sesuai penilaian yang ditentukan. Kegiatan secara daring ini dilaksanakan mengingat kondisi wabah covid-19, dan mengikuti himbauan pemerintah untuk melaksanakan WFH guna memutus rantai penyebaran virus corona," ungkapnya.

Tentang SKPP, jelas Yeyen pada prinsipnya Bawaslu kabupaten/kota membantu Bawaslu Provinsi dalam melaksanakan proses penjaringan peserta SKPP ini pada proses memverifikasi peserta sesuai dengan syarat yang ditentukan. Peserta SKPP ini mendaftar langsung secara online ke wibesite Bawaslu RI.

“Dengan demikian besar harapan  peserta SKPP yang akan terpilih nanti menjadi ujung tombak Bawaslu dalam mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pengawasan pada tahapan-tahapan Pilkada maupun Pemilu,” ungkapnya. 

Yeyen menambahkan, dengan terpilihnya peserta SKPP diharapkan masyarakat benar-benar paham hal-hal apa saja yang harus diawasi demi menghasilkan demokrasi yang berkualitas.

Yeyen menjelaskan SKPP ini merupakam program Bawaslu RI melalui Bawaslu Provinsi se Indonesia, yang merupakan upaya Bawaslu ri untuk meningkatkan pengawasan partisipatif dari masyarakat.

“Yang harus kita pahami antara lain peserta yang lulus kegiatan tersebut akan mendapatkan sertifikat/piagam dari Bawaslu RI,” pungkasnya.(rws)