Sirozi: Transformasi Kompetensi

Sirozi: Transformasi Kompetensi
Foto: Dr. Sirozi Rektor UIN Raden Fatah Palembang.

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Memasuki lima tahun bertransformasi, dari Institute Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), UIN  Raden Fatah Palembang berupaya lebih mendekatkan diri dengan masyarakat. "Kita ubah karena UIN bukan hanya milik dosen tapi milik umat, milik masyarakat sehingga kita buat terbuka untuk umum dan gratis,”ujar Rektor UIN RF Palembang, Dr Sirozi, Selasa (8/10).

Lanjut Sirozi,  momen transformasi lima tahun IAIN menuju UIN harus menjadi tantangan civitas akademika. Sehingga transformasi ini bukan hanya peralihan nama tapi juga peningkatan kompetensi. Mulai dari SDM dosen harus meningkat baik itu attitude, wawasan dan jaringan harus semakin luas. Kemudian akreditasi saat ini memang menjadi tantangan karena beberapa waktu lalu kita ajukan reakreditasi B menjadi A sebanyak 27 prodi, tapi sampai sekarang belum divisitasi. Karena memang tangangan sekarang berat dari sebelumnya standar 7 BAN-PT sekarang jadi standar 9,” ujarnya.

Selain itu mengenai sarana dan prasarana, awalnya target Kampus UIN di Jakabaring selesai 2018 karena kontrak sejak 2013. Tapi karena berbagai kendala teknis sehingga saat ini masih berjalan dan baru 65 persen pembangunan.(yan)