Sekda Sidak Puluhan ASN Terciduk Ngemal

Sekda Sidak Puluhan ASN Terciduk Ngemal
Sekda Lahat, H Januarsyah memberikan pembinaan langsung kepada sejumlah PNS yang kedapatan ngemall saat jam kerja, Senin (9/12).(FOTO ist)    

LAHAT, MEDIASRIWIJAYA - Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat, H Januarsyah melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah tempat keramaian di kota Lahat, dan berhasil menciduk Aparatur Sipil Negara (ASN) saat berada di mal, pasar dan cafe, Senin (9/12).

Meski demikian, abdi negara tersebut belum diberikan sanksi tegas, melainkan hanya sebatas teguran lisan.

Sekda Lahat, H Januarsyah Hambali mengatakan, sesuai amanah Bupati Lahat, Cik Ujang SH agar kedisiplinan pegawai ditingkatkan. Bedasarkan pantauan Bupati Lahat, masih banyak PNS yang berkeliaran pada saat jam dinas bukan pada tempatnya, seperti pasar dan mall.

"Perintah (bupati) agar ditertibkan, kalaupun ingin keluar saat jam dinas, kita tidak mengurangi hak ASN untuk keluar. Dengan catatan ada izin atasan, dan tidak menggunakan atribut PNS," ujarnya, melansir globalplanet.

Menurutnya,  tim dari BKPSDM, Inspektorat, Sat Pol PP untuk turun langsung, dengan menegur secara lisan, dan diberikan pembinaan di lapangan, agar mereka (PNS) tidak melakukan saat jam dinas tidak menggunakan atribut PNS di tempat umum.

"Sifatnya baru teguran (hari ini), nanti kita buat sanksi, disiplin pegawai. Karena hal itu menjatuhkan harkat dan martabat ASN/PNS," katanya.

Ia juga menjelaskan, setahun ini pihaknya memberikan teguran dan pembinaan kepada PNS lingkungan Pemkab, kemudian pada tahun depan akan dilakukan eksekusi dan sanksi. Saat ini PNS banyak aturan, apalagi terkena sanksi tingkat sedang, tidak bisa naik pangkat, gaji berkala ditunda, bahkan untuk sekolah tidak bisa

" Setahun ini kita lakukan teguran, pembinaan, tahun depan ( 2020) depan langsung eksekusi, dibantu oleh Inspektorat, BKPSDM, dan Pol PP," ujarnya.(net)