RSMH Luncurkan Program Telemedicine

RSMH Luncurkan Program Telemedicine

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com - Komunikasi tatap muka antara dokter sebagai pemberi pelayanan kesehatan dan pasien sebagai penerima pelayanan kesehatan menjadi rawan terhadap penyebaran penyakit infeksi apalagi saat ini sedang pandemi Covid-19  sehingga penerima layanan kesehatan dapat berkonsultasi kesehatan dirumah atau dimanapun mereka berada.

Untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), Dokter yang meliputi dokter, dokter gigi, dokter spesialis, dokter gigi spesialis, dan dokter subspesialis dibutuhkan langkah-langkah terhadap penyebaran COVID-19, salah satunya dengan pembatasan pelayanan kesehatan secara tatap muka melalui memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berupa Telemedicine. 

Dirut RSMH Palembang Bambang Eko Sunaryanto SpKJ MARS di dampingi Direktur Medik, Keperawatan dan, Penunjang  dr. Zubaedah Sp.P., MARS meresmikan Telemedicine RSMH Palembang, Jumat (29/5/2020)

Dirut RSMH Palembang Bambang Eko Sunaryanto SpKJ MARS mengatakan, kehadiran Telemedicine saat ini diharapkan masyarakat dapat memperoleh  kemudahan berkonsultasi mengenai kondisi kesehatan tanpa harus pergi ke rumah sakit.

Sementara itu, Kepala Humas RSMH Palembang, Ahmad Suhaimi menuturkan, pendaftaran Telemedicine yakni melalui website www.rsmh.co.id/konsultasionline. 

Untuk syarat pendaftarannya adalah pendaftaran online saat ini hanya berlaku bagi pasien yang telah memiliki nomor rekam medis RSMH. "Pasien mendaftar paling cepat 3 hari sebelum dilaksanakan konsultasi online dan paling lambat 1 hari sebelum jadwal konsultasi," katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pasien menentukan tanggal konsultasi dan memilih dokter spesialis sesuai dengab jadwal yang ada.  Kemudian pasien membayarkan uang sebesar rp 205.000, yang terdiri atas biaya pendaftaran rp 30.000 dan konsultasi dokter spesialis Rp 175.000(biaya tersebut belum termasyj biaya obat dan pemeriksaan penunjang lainnya).

"Pembayaran dilakukan paling lambat 1 hari sebelum konsultasi melalui transfer ke rekening bank Sumsel (dengan nomor rekening 14030766666 atas nama RPL ) RSMH untuk opersional BLU," bebernya.

Setelah melakukan transfer, sambungnya, pasien melakukab konfirmasi dengan upload bukti transfer melalui www rmsh.co.id/konsultasionline. 

"Pasien yang setuju untuk mendapatkan obat maka diharuskan datang ke RSMH untuk melakukan pembayaran dan pengambilan obat di graha eksekutif. Jika ada kesulitan hubungi nomor kontak 082176569933," pungkasnya. (Yanti)