Realisasi Pajak DJP Sumsel Babel Tiga Besar Nasional

Realisasi Pajak DJP Sumsel Babel Tiga Besar Nasional
Kepala Kanwil Ditjen Pajak Sumatera Selatan dan Kepulauan Babel Imam Arifin disela media gathering, (foto ist)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Direktorat Jendral Pajak (DJP) Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil menempati peringkat ketiga nasional sebagai penyumbang pajak terbesar untuk tanah air dengan torehan 85,40 persen dari target Rp 15,7 triliun tahun 2019 atau 72,13 persen secara nasional.

Dari sisi peningkatan pendapatan pajak, DJP Sumsel Babel menorehkan angka memuaskan dengan pertumbuhan 20,51 persen di Sumsel tapi minus 0,20 persen secara nasional.

Sementara itu peringatan pertama pertumbuhan penerimaan pajak terbesar diterima DJP Papua dan Maluku dengan angka 22,60 persen.

“Alhamdulilah peringkat kita bagus tapi tidak boleh berpuas diri karena masih ada target yang harus dikejar,” ujar Kepala Kanwil Ditjen Pajak Sumatera Selatan dan Kepulauan Babel Imam Arifin, melansir detiksumsel, pekan lalu.

Imam mengatakan, masih banyak pajak asli Sumsel dan Babel yng bisa dimaksimalkan salah satunya dengan adanya penandatanganan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumsel belum lama ini.

Kerjasama ini bertujuan melaksanakan sinergi data dengan Ditjen Pajak untuk mengoptimalkan penerimaan pajak, baik pajak pusat maupun pajak daerah.

Imam mengapresiasi kerjasama tersebut dan berharap perjanjian kerjasama ini dapat memperluas sinergi data dengan melibatkan seluruh OPD di Pemprov Sumsel diapresiasi dan diawasi pelaksanaannya oleh KPK.

“Masih banyak perusahaan yang berkantor di Jakarta tapi bidang usahanya ada di Sumsel jadi pajaknya masuk ke Jakarta padahal lahan dan kegiatan usahanya di Sumsel tapi malah pendapatannya masuk ke kota lain, inilah yang harus kita kejar,” ujarnya.

Selain itu pengusaha ha diingatakan kewajibannya membayar pajak juga pada seluruh wajib pajak agar tidak menunggak pajak karena akan kena denda dan sanksi.(net)