Rakor Antisipasi Aliran Sesat

Rakor Antisipasi Aliran Sesat

LAHAT, MEDIASRIWIJAYA – Guna mengantisipasi menjamurnya keberadaan aliran kepercayaan baru yang tidak jelas, Lembaga Pengawasan Aliran Keagamaan dalam Masyarakat (PAKEM) Kabupaten Lahat mengadakan rapat koordinasi.

Rakor yang digelar di Aula Kejaksaan Negeri Lahat, Selasa (8/10), dihadiri ketua PAKEM Jaka Suparna SH, Wabup Lahat H.Haryanto, Dandim 0405 Letkol Kav Sungidi MSi, Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap MSi, Ketua Pengadilan Darul Husni, serta para Camat di Kabulaten Lahat. Kemenag, Diknas, Pol PP, BIN, Kesbangpol, Kasat Intel, tokoh Agama dan tokoh masyarakat, melansir sumateranews.

Jaka Suparna SH selaku Ketua PAKEM menjelaskan bahwa Kejaksaan turut serta dalam pengawasan aliran kepercayaan. “Setiap tahunnya selalu bertambah kepercayaan baru yang mempunyai tujuan yang tidak jelas. Semoga dengan adanya rakor singkat ini, kita dapat bersama mengawasi,” ungkapnya.

“Jangan sampai kita berpandangan kepada salah satu aliran langsung kita vonis sesat sebelum Tim mengawasi dan melihat, tugas kita masyarakat hanya mengawasi nantinya PAKEM akan turun ke lapangan, mari kita awasi lingkungan masing- masing,” ujarnya.

Sementara, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Khairuddin menyebutkan, banyaknya aliran tergantung yang mempengaruhinya. Dia juga mengajak, khususnya Camat untuk selalu mengawasi dan memberikan pencerahan kepada masyarakat. “Alhamdulilah di Lahat Kerukunan beragama berjalan dengan semestinya, sehubungan dengan aliran yang banyak tergantung pada yang mempengaruhinya. Alangkah baiknya sesama aliran, lain aliran bahkan beda agama hendaknya harus rukun karena damai itu indah,” tukasnya.(net)