Waspada, Ternyata Pancaran Sinar UV Juga Ada di Malam Hari

Waspada, Ternyata Pancaran Sinar UV Juga Ada di Malam Hari
sinar UV (MEDIASRIWIJAYA.COM/Net)

MEDIASRIWIJAYA.COM - Sinar UV atau ultraviolet selama ini diyakini sebagai penyebab masalah kulit seperti munculnya noda hitam, keriput hingga kanker kulit. Tak heran banyak orang berusaha menghindar dari paparan sinar matahari saat siang hari, terutama saat sedang terik. Tapi, tahukah Anda bahwa di malam hari, kita juga tetap berisiko terpapar sinar UV?

Dilansir dari suara.com, penelitian dalam jurnal American Academy of Dermatology menyebutkan, perangkat elektronik seperti TV, komputer, gadget dapat memancarkan radiasi sinar UV. Meskipun radiasinya tergolong rendah, intensitas sinar UV dari perangkat tersebut secara kumulatif juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

"Jika disimpulkan, kulit yang terpapar sinar UV terus-menerus baik dari dalam maupun luar ruangan, akan terganggu kesehatannya," ujar dr. Abraham Arimuko, Sp.KK, FINSDV, FAADV, Ketua Studi Dermatologi Kosmetik Indonesia (KSDKI) PERDOSKI di Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Abraham menambahkan, menghindari paparan sinar UV dapat membuat kulit menjadi sehat dan terhindar dari masalah penuaan dini seperti munculnya bintik hitam, pigmentasi, warna kulit tidak merata, dan kusam. Lalu bagaimana untuk mencegah dan merawat kulit dari sinar UV?

"Pencegahan paling signifikan yaitu pemakaian tabir surya yang idealnya harus aman, nyaman, efektif dan bagus secara kosmetik. Pilih yang botanical based karena cenderung lebih aman. Untuk perawatannya bisa dilakukan dengan pola hidup sehat, rawat kulit sesuai jenis kulit dan ke dokter bila perlu," tambah dia.

Dalam kesempatan yang sama, Beatrix Pratisari, FMCG Marketing & Sales Manager, EIG Indonesia mengatakan Clinelle WhitenUp, produk perawatan kulit terkini yang diluncurkan EIG mengandung ekstrak bunga Mullein yang dapat memberikan perlindungan kulit dari sinar UV.

"Ekstral Mullein tersebut menyerap sinar UV yang kemudian diubah secara bersamaan menjadi sumber cahaya yang bermanfaat bagi kulit, membuat kulit tampak lebih muda, cerah, sehat bercahaya," tambah dia.

Produk ini, kata Beatrix juga tidak mengandung pewangi buatan, pewarna buatan, lanolin, alkohol, mineral oil, bahan komedogenik dan pengawet, sehingga aman bagi kesehatan kulit dalam jangka panjang. Jadi, sudah siap tangkal sinar UV siang dan malam hari?

Sumber : suara.com