(Video) Semburkan Air Lumpur, Pembersihan Pipa Petragas Dihentikan Sementara 

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.COM - Kejadian semburan air lumpur yang terjadi di sekitar pipa milik Petragas di wilayah Talang Kelapa Banyuasin yang menghebohkan warga mendapat perhatian serius Polsek Talang Kelapa. Bahkan,  Kapolsek Talang Kelapa Kompol Irwanto meminta Petragas menghentikan sementara kegiatan pembersihan pipa Petragas karena ada rumah yang rusak akibat semburan air tersebut. 


Kapolsek Talang Kelapa Kompol Irwanto (yanti/mediasriwijaya.com)

Kapolsek Talang Kelapa Kompol Irwanto mengatakan,  kejadian semburan air di wilayah Talang Kelapa adalah semburan air yang terjadi Kamis 1 November 2018, saat mitra Petragas melakukan kegiatan pembersihan pipa gas,  dan ada angin kencang. Sehingga menyebabkan semburan air setinggi 6 meter, bahkan mengenai rumah warga bernama Ibu Jamila.  "Genting rumah Ibu Jamah rusak.  Tidak ada korban jiwa,  angin keluar dari pipa sehingga air di sekitar pipa menyembur mengenai genting warga sampai berjatuhan.  Kerugian warga sudah diinventarisir oleh Petragas sekitar Rp 20 juta.  Semua kerusakan rumah dan perabotan diganti oleh Petragas, " ujarnya saat diwawancarai di ruang kerjanya,  Jumat (2/11/18).

Irwanto menjelaskan,  kegiatan yang dilakukan oleh mitra Petragas adalah pembersihan pipa.  Kemungkinan ada partikel lumpur air yang masuk ke dalam pipa.  "Mereka tidak menyangka di dekat pipa terdapat banyak air.  Ditambah pengerjaannya pada musim hujan.  Sehingga saat ada angin kencang,  air di sekitar pipa menyebabkan semburan. Saat ada rumah yang rusak,  kami minta Petragas menghentikan sementara kegiatan pembersihan pipa.  Untuk SOP sudah dipenuhi oleh Petragas.  Keadaannya ada air di sekitar pipa,  sehingga ketika ada tekanan airnya tersembur keluar," bebernya. 

Irwanto mengungkapkan,  jika dari pengerjaan kegiatan Petragas merugikan warga,  silahkan diinventarisir. "Hubungi pihak dari Petragas,  jangan dibesar-besarkan karena pasti bisa diselesaikan, jangan mau ditunggangi oleh pihak lain," katanya. (Yanti)