Truk Bawa Tangki Minyak Ilegal Kecelakaan Bertabrakan dengan Mobil Carry

Truk Bawa Tangki Minyak Ilegal Kecelakaan Bertabrakan dengan Mobil Carry
(MEDIASRIWIJAYA.com/Artini) Tabrakan antara kendaraan truk angkutan minyak mentah Nomor polisi (Nopol) BG 8941 BA dari arah Palembang-Lampung dengan Carry Nopol B 2566 XAY (plat putih) di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Desa Ulak Ketapang Teluk Gelam OKI

KAYUAGUNG, MEDIASRIWIJAYA.com – Tabrakan antara kendaraan truk angkutan minyak mentah Nomor polisi (Nopol) BG 8941 BA dari arah Palembang-Lampung dengan Carry Nopol B 2566 XAY (plat putih) di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Desa Ulak Ketapang Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya saja truk terpental di halaman rumah warga dan Carry berada dibadan jalan.

Pantauan wartawan, Sabtu (12/1) kecelakaan yang menyebabkan truk pengangkut diduga minyak mentah yang dibawa dari Sumatera Selatan Sekayu tadi, akan dibawa ke Provinsi Lampung. Karena, bak truk yang terbuat dari kayu papan dimasukan tangki seluas bak truk.

Minyak yang berada di dalam tangki tadi, tumpah dan sangat membahayakan rumah warga yang berada di depan halamannya. Di balik terbalik truk yang mengangkut minyak ilegal tersebut, diduga ada oknum yang mengetahui terjadi penyelundupan minyak ilegal melintas di wilayah Lintas Timur Kabupaten OKI.

Karena, ketika wartawan mengambil gambar ada larangan dari oknum pejabat untuk tidak dipublikasikan, karena menurutnya di dalam tangki ini adalah air bersih dan bukanlah minyak.

 TKP tabrakan truk minyak mentah (MEDIASRIWIJAYA.COM/Art)

“Maaf Pak tak perlu dipublikasikan, ini musibah, lagian mobil ini hanya mengangkut air,” singkat oknum Camat pejabat pemerintah daerah (Pemda) OKI yang juga ditirukan oleh warga Teluk Gelam.

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra SH SIk MM melalui Kasat Lantas AKP Ricky Nugraha didampingi Aipda Dedi Y membenarkan, adanya kecelakaan di Jalintim OKI Desa Ulak Ketapang antara Carry plat profit dan truk angkutan minyak mentah yang kondisi kendaraan terbalik dan hampir mengenai rumah warga yang berada di pinggir jalan.

Dari peristiwa tersebut, jelas Kasat Lantas, tidak ada korban jiwa. Hanya saja, sopir kendaraan Carry mengalami luka di bagian jari kanan dan tangan sedikit tergores bagian siku. Untuk sopir truk hingga kini menghilang, dan pihaknya belum bisa memastikan sepenuhnya siapa yang lalai dalam mengendarai kendaraan tersebut.

“Sementara kendaraan Carry diamankan di kantor lakalantas Kayuagung. Untuk truk belum diamankan, karena masih menunggu alat berat untuk mengangkat ke badan jalan. Sebab, truk terlempar di bauh jalan yang terlalu rendah,” kata Kasat.

 Truk yang berisi minyak mentah (MEDIASRIWIJAYA.COM/Art)

Terkait dengan barang angkutan truk yang telah membawa tangki yang berisikan minyak masih dalam penyelidikan.

“Nanti kita proses, karena sopir truk saja belum menyerahkan diri karena masih kabur atau berobat,” timpal Aipda Dedi yang dijumpai di lokasi kecelakaan.

Terpisah, sopir kendaraan Carry Sapto asal Jawa Tengah mengatakan, terjadinya kecelakaan ini disebabkan ada kendaraan yang berada di depannya, mendadak berhenti. Lalu dirinya lebih memilih membanting setir ke kanan dari pada ke kiri masuk jurang.

“Saya tidak tahu kalau ada truk di sisi kanan, karena truk itu terlalu ngebut sehingga tidak bisa menghindari lagi. Saya dari Jakarta tujuan Jambi,” tutur Sapto yang hanya mengalami luka di bagian jemari tangan kiri dan luka di bagian sikunya. (art)