Tips Mencukur Bulu Kaki yang Benar Bagi Wanita

Tips Mencukur Bulu Kaki yang Benar Bagi Wanita
Ilustrasi Mencukur Bulu Kaki (MEDIASRIWIJAYA.COM/Net)

MEDIASRIWIJAYA.COM - Bagi sebagian kaum wanita, munculnya bulu kaki tentu sangat mengganggu penampilan. Berbagai cara pun dilakukan untuk menghilangkan bulu kaki. Selain waxing, cara menghilangkan bulu kaki yang paling umum dilakukan kaum wanita adalah mencukurnya sampai habis.

Waxing dianggap cara menghilangkan bulu kaki yang paling menyakitkan. Sementara mencukur adalah yang paling mudah dan minim risiko.

Meski begitu mencukur bulu kaki tidak bisa sembarangan. Ada teknik tersendiri agar acara mencukur bulu kaki wanita bisa berjalan baik. Dikutip dari Boldsky.com, ada 5 tips menghilangkan bulu kaki dengan cara mencukur yang perlu diterapkan secara aman dan memuaskan. Berikut ulasannya:

1. Pengelupasan Kulit

Sebaiknya, sebelum memulai untuk mencukur bulu kaki, lakukan pengelupasan kulit terlebih dahulu. Pengelupasan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan memulihkan sel-sel kulit baru.

Ketika sel-sel kulit mati tetap menempel pada kulit, akan membuat kulit tampak kusam dan tidak segar. Disarankan untuk mengelupaskan kulit dengan loofah dan sabun ringan sebelum mencukur bulu kaki.

2. Menggunakan Mata Pisau Cukur Baru

Sebaiknya menggunakan mata pisau cukur yang baru sebelum mulai mencukur bulu kaki. Sebagai pedoman, mata pisau cukur hanya bisa digunakan sebanyak tiga kali pemakaian.

Setelah itu, mata pisau cukur harus dibuang. Penggunaan mata pisau cukur yang sama dalam waktu yang lama bisa menyebabkan iritasi dan infeksi kulit.

3. Tarikan Pendek Beberapa Kali untuk Hasil Terbaik

Disarankan untuk mencukur bulu kaki dengan beberapa tarikan pendek beberapa kali daripada tarikan panjang sekali.

Tarikan panjang dari pergelangan kaki hingga di bawah lutut dapat menyebabkan cedera pada kulit. Sedangkan tarikan pendek beberapa kali akan menghasilkan cukuran bulu yang lembut dan licin pada kulit.

4. Menggunakan Kondisioner

Mencukur bulu kaki bertujuan untuk menghasilkan kulit yang lembut dan halus. Agar hasil cukuran lembut dan halus, maka kaki perlu diberi 'pelumas' berupa kondisioner. Pelumas diperlukan agar mata pisau cukur bisa meluncur melalui kulit dan memotong rambut yang tidak diinginkan dengan lancar. Gunakan saja kondisioner rambut favorit pada area yang akan dicukur.

5. Menggunakan Pelembap

Mencukur bulu kaki adalah proses yang dapat menyebabkan kekeringan pada kulit. Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk menggunakan pelembap dalam jumlah banyak pada area yang telah dicukur.