Tips Mencegah Kebakaran yang Disebabkan Korsleting Listrik

Tips Mencegah Kebakaran yang Disebabkan Korsleting Listrik
MEDIASRIWIJAYA.COM/Net Ilustrasi

MEDIASRIWIJAYA.COM -- Korsleting listrik dapat menimbulkan kebakaran oleh karena itu kita bersama menjaga agar menggunakan listrik dengan bijak. Kebakaran tentunya hal yang menyeramkan. Korsleting listrik merupakan suatu hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil yang mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar.

Kalau tidak ditangani bisa mengakibatkan ledakan dan kebakaran. Penyebab terjadinya korsleting listrik cukup beragam. Penyebab paling sering adalah kelalaian manusia yaitu menyambungkan kabel tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku–penumpukan beban yang berlebihan. Lantas bagaimana mencegahnya, seperti dikutip dari laman kemenkes.go.id tips mencegah korsleting listrik:

  • Hindari menumpuk steker atau colokan listrik terlalu banyak pada satu tempat karena sambungan seperti itu akan terus menumpuk panas sehingga mengakibatkan terjadinya korsleting listrik. 
  • Jika dirumah memiliki peralatan elektronik yang memiliki daya besar seperti Kulkas, AC, segala macam pemanas, TV tabung, dan pompa air perlu diperhatikan. jangan menggunakan steker sembarangan, gunakan steker dengan kualitas baik, hal tersebut untuk mencegah terjadinya korsleting listrik
  • Jangan memaksakan beban berlebih pada sikring. Jika sikring otomatis langsung ke Off itu karena beban yang berlebih pada suatu rangkaian listrik. Secara otomatis, sekring memutus arusnya. Jika kondisi tersebut masih dilakukan, hal tersebut bisa menimbulkan korsleting listrik. 
  • Taruh steker pada tempat yang semestinya. Hindari penempatan steker yang dapat memicu terjadinya bahaya korsleting seperti di area kamar mandi, wastafel, dll 
  • Lakukan pemeriksaan secara rutin terhadap kondisi isolasi pembungkus kabel, bila ada isolasi yang terkupas atau telah menipis agar segera dilakukan penggantian.