Tips Aman Agar Terhindar dari Aksi Kejahatan Begal

Tips Aman Agar Terhindar dari Aksi Kejahatan Begal
MEDIASRIWIJAYA.COM/Net Ilustrasi

MEDIASRIWIJAYA.COM -- Hampir setiap hari pasti ada berita tentang pembegalan motor yang bikin hati waspada kita. Berbagai modus baru pembegalan pun muncul, apalagi menjelang akhir tahun ini, para begal juga menargetkan sasarannya di sejumlah wilayah yang sepi.

Untuk menangkal aksi tersebut, ada tips jitu yang agar terhidar dari aksi kejahatan tersebut seperti disampaikan dari laman profesi-unm.com sebagai berikut :

Hindari berpergian pada waktu malam hari.

Beberapa dari kejadian kasus kejahatan begal sangat sering terjadi pada malam hari, walaupun ada juga kejahatan begal di lakukan di siang hari. Untuk waktu malam sebaiknya tidak bepergian pada pukul 22.00-05.00 Wita. Pada waktu ini yang rawan terjadinya kejahatan begal.

Ketika keluar, jangan pergi sendirian.

Ketika anda ingin keluar untuk bepergian untuk urusan yang penting disarankan untuk tidak sendirian. Usahakan ketika ingin keluar rumah setidaknya anda membawa kerabat anda agar kemungkinan para pelaku begal akan mengurungkan niatnya untuk melakukan aksi begalnya.

Hindari menggunakan atribut yang mencolok pada kendaraan.

Dari beberapa kasus kejahatan begal, yang sangat menjadi incaran adalah atribut atau aksesoris yang mencolok pada kendaraan yang digunakan oleh korbannya.Maka dari itu usahakan jangan menggunakan aksesoris kendaraan yang berlebihan dan mencolok karena bisa saja menjadi target dari komplotan begal.

Mempersiapkan perlengkapan keselamatan kendaraan

Ketika berpergian jangan lupa menggunakan perlengkapan atau atribut yang lengkap seperti helm,jaket,sarung tangan dan pastikan juga kendaraan anda dalam keadaan yang baik mulai dari gas,rem,kaca spion,kelengkapan surat-surat dan sebagainya.

Jangan lupa berdoa ketika berpergian

Sebelum anda berangkat keluar rumah atau indekos, jangan lupa berdoa agar diberikan perlindungan agar terhindar dari kecelakaan, pembegalan,hal-hal yang negatif dan sebagainya.