Tim Lapis Kedua Arsenal Menang Telak 3 - 0 Atas League One Blackpool di Piala FA

Tim Lapis Kedua Arsenal Menang Telak 3 - 0 Atas League One Blackpool di Piala FA
Penyerang Arsenal, Ale Iwobi berhasil cetak gol dalam laga Piala FA di putaran ketiga antara Blackpool Vs Arsenal di Bloomfield Road, Blackpool, Inggris pada Minggu dini hari WIB (6/1/2019) dengan hasil 3-0. (MEDIASRIWIJAYA.COM/Foto:AFP/Paul Ellis)

MEDIASRIWIJAYA.COM - Tim lapis kedua Arsenal tidak mengalami kesulitan saat berhadapan dengan tim League One Blackpool untuk mencuri kemenangan 3-0 dalam pertandingan Piala FA yang berlangsung di Bloomfield Road, Blackpool, Inggris pada Minggu dini hari WIB (6/1/2019).

Gol-gol kemenangan The Gunners disumbangkan oleh Joseph Willock (11' dan 37) dan Alex Iwobi (82'), yang sekaligus meloloskan mereka ke putaran keempat, dikutip dari laman resmi FA. Meski penggemar tim tuan rumah masih melakukan aksi boikot protes terhadap pemilik klub Owen Oyston di Bloomfield Road, pertandingan diawali dengan permainan cepat dan mengalir.

Eddie Nketiah menyia-nyiakan dua peluang bagus dalam delapan menit pertama laga, di mana tembakannya hanya mengenai jaring samping gawang Arsenal sebelum upaya selanjutnya melebar.

Penyerang Blackpool Arman Gnanduillet mengecoh bek veteran Stephan Lichsteiner untuk melepaskan sepakan ke arah Petr Cech, namun tim tamu membuka keunggulan pada menit ke-11 ketika tendangan bebas Aaron Ramsey yang terdefleksi dan mengenai tiang gawang, kemudian jatuh ke penguasaan Willock yang segera dilesakkan ke gawang.

Terdapat dugaan bahwa Iwobi melakukan handball ketika ia bekerja sama dengan Carl Jenkinson, yang umpan silang mendatarnya tersentuh Nketiah dan kemudian mampu dimaksimalkan Willock untuk menjadi gol kedua. Bola panjang dari Cech tertuju kepada Nketiah, namun kiper Mark Howard dapat menggagalkan upaya sang pemain muda.

Lichtsteiner tidak mampu memotong umpan tarik Marc Bola pada menit ke-58, namun bek Blackpool Michael Nottingham gagal melepaskan sepakan yang mengancam gawang Arsenal. Permainan Arsenal mengendur pada babak kedua dan Paudie O'Connor melompat tinggi untuk menanduk bola tendangan sudut tetapi masih melebar.

Cedera yang menimpa Howard memaksa Blackpool memainkan kiper pengganti Christoffer Mafoumbi dan ia harus memungut bola dari gawangnya pada menit ke-80, meski kemudian Willock gagal mengukir trigol karena bendera offside telah terangkat. Mafoumbi hanya dapat menepis tembakan Ramsey yang melintas di depan gawang dan Iwobi menyambar bola untuk mengemas gol ketiga The Gunners.

Pada pertandingan lainnya, tim lain dari London, Chelsea, juga mengamankan langkah ke putaran keempat berkat kemenangan 2-0 atas Nottingham Forest. Kedua gol kemenangan The Blues diborong oleh legiun Spanyol Alvaro Morata (49' dan 59').

Pertandingan ini juga diwarnai oleh kegagalan Cesc Fabregas mengeksekusi penalti pada menit ke-30, di mana pemain Spanyol itu terlihat menjadikan pertandingan ini sebagai laga terakhirnya untuk Chelsea. Dua klub strata tertinggi Inggris lainnya, Everton dan Crystal Palace, juga telah memastikan langkah ke putaran selanjutnya.

Everton menang 2-1 atas tamunya Lincoln City, sedangkan Palace menang 1-0 atas Grimsby Town. Susunan pemain dari laman resmi FA: Blackpool (4-3-3): Howard (Mafoumbi 69'), Nottingham, Daniels, O'Connor, Bola, Taylor (Pritchard 62), Spearing, Guy, Delfouneso, Gnanduillet (Davies 83'), Feeney. Arsenal (4-2-3-1): Cech, Jenkinson, Lichtsteiner, Papastathopoulos, Kolasinac (Medley 83'), Elneny, Ramsey, Maitland-Niles, Willock, Iwobi (Saka 86'), Nketiah (Saka 86'). (Antara/suara)