Tangis Orang Tua Warnai Pengukuhan Siswa SMAN Sumsel

Tangis Orang Tua Warnai Pengukuhan Siswa SMAN Sumsel
(ist)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.COM - SMAN Sumsel tahun ini menerima 100 siswa yang berasal dari 16 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan.  Sebanyak 100 siswa tersebut adalah para siswa yang telah lulus dari serangkaian tes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN Sumsel yang dimulai sejak Februari 2018, dan diumumkan pada Mei 2018 lalu.

Sebelum dikukuhkan, siswa- siswi  telah dibekali melalui Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Asrama (MPLSA), dan Foundation Study Program, yang dilakukan dalam kurun waktu 6 hari, dimulai dari 16 Juli 2018 hingga 21 Juli 2018. Selama MPLSA para siswa baru dikenalkan dengan lingkungan sekolah dan asrama dengan tujuan agar para siswa tersebut dapat beradaptasi dengan lingkungan baru yang akan mereka tinggali selama 3 tahun. Pada MPLSA ini juga para siswa dididik mengenai kedisiplinan dengan bekerjasama dengan TNI AU. 

Setelah mengikuti beragam kegiatan awal tahun tersebut, akhirnya 100 siswa baru SMAN Sumatera Selatan menjalani pengukuhan (inauguration) yang bertempat di Amphitheater SMAN Sumsel,   Rabu (10/10/18).

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Sumsel  Mawardi Yahya menyampaikan selamat Inagurasi untuk angkatan ke-10 tahun ajaran 2018/019. Semoga ke depannya, SMAN Sumsel semakin maju dan alumni SMAN Sumsel dapat berkontribusi dalam pembangunan di Provinsi Sumatera Selatan dan Indonesia. "Insya Allah, tidak ada alasan untuk tidak melanjutkan SMAN Sumsel. Apabila ada perubahan, paling tidak mengenai bagaimana membina mental peserta didik untuk senantiasa rendah hati, tentunya agar dapat dimaklumi bersama oleh bapak dan ibu," ujarnya. 

Kepala SMAN Sumatera M Ridwan Aziz, MPd mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wakil Gubernur dan Pemerintah Provinsi Sumsel atas perhatian luar biasa yang diberikan terhadap penyelenggaraan pendidikan di SMAN Sumsel.

"Selamat bergabung menjadi bagian dari SMAN Sumatera Selatan bagi 100 calon pemimpin bangsa yang telah terpilih dari 1000 lebih pendaftar. Tanggung jawab ada di pundak kalian untuk membahagiakan orang tua, sekolah dan Provinsi. Harumkan nama Sumatera Selatan di kancah nasional dan internasional," bebernya. 

Hingga pengujung acara, pengukuhan tersebut berjalan dengan khidmat. Air mata haru menetes dari para siswa, orang tua, dan tamu undangan yang hadir menyaksikan pelantikan tersebut. (05)