Ketua KPU Kota Palembang: Tak Perlu Saling Menyalahkan

Ketua KPU Kota Palembang: Tak Perlu Saling Menyalahkan
Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Pilgub dan Pilwako Palembang. (Ist)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.COM --  Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kota Palembang serentak 2018, digelar di kantor KPU Palembang Rabu, ( 4/7). 

Ketua KPU Palembang Syarifuddin mengatakan, 27 Juni 2018 telah dilakukan  Pilgub dan Pilwako Palembang.  Pemungutan suara berjalan lancar,  meski ada kendala di lapangan.  Sesuai tahapan,  rekapitulasi di tingkat kabupaten kota dilaksanakan serentak 4-6 Juli.  Setelah dilaksanakan di tingkat PPK,  rekapitulasi dilakukan di KPU Palembang. 

"Kita tidak perlu saling menyalahkan.  Agar semua pihak menahan diri dari hal yang dapat memanaskan situasi," ujarnya.

Bawaslu Palembang Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran Darsi Elyanto  mengatakan,  dalam proses pemungutan suara pada 27 Juni lalu,   ada laporan paslon khususnya 10 Ilir adanya bukaan kotak suara yang dilakukan PPS.  Dan banyak lagi laporan yang lain,  C6 orangnya tidak ada tapi mencoblos.  Ada laporan soal DPT.  Ada lagi laporan kotak suara belum dikunci oleh KKPS. Pihaknya akan mengkaji ada pelanggaran atau tidak.  

"Kami melaksanakan kajian dulu,   untuk kecamatan kami verifikasi laporan di panwascam. Nanti kami umumkan di Panwaslu.  Secara umum ,  sangat kecil laporan yang kami terima," katanya.

Sekda Kota Palembang, Harobin Mustofa mengatakan agar semua pihak percaya sesuai prosedur dan legowo untuk menerima keputusan. "Harapan sebagai wakil pemerintah pemilihan Pilgub dan Pilwako berharap bisa menahan diri,  ikhlas itulah keputusan final. Tidak ada euforia. Itu membuat kondusif," bebernya. 

Komisioner KPU Palembang Piramont mengatakan,  untuk penghitungan Pilgub dimulai dari Bukit Kecil. Sesuai aturan,  kalau ada keberatan silahkan salurkan ke Panwaslu dan instansi terkait. 

Laporan ketua PPK Bukit Kecil adalah Pemilih DPT 14329 laki,  perempuan 15.132 orang.  Total DPT 29.461 orang. 

Jumlah seluruh penguna hak pilih perempuan 9240. laki laki 10.228.

Total 19.468 orang. 

Data penggunaan surat suara,  27.354 suara.  Jumlah surat suara dikembalikan karena rusak  108. Sisa surat cadangan 9343 dan 17903 surat suara yang digunakan. 

Berdasarkan hasil rekapitulasi di Kecamatan Bukit Kecil,  perolehan suara Paslon 1 Herman Deru dan Mawardi  6.079 , Paslon nomor 2 Saifudin  2152 suara , Paslon nomor 3 Ishak Mekki dan Irwansyah 5.008 suara dan Paslon 4 Dodi dan Giri 5.956 suara. Jumlah suara sah 19.195 dan tidak sah 859 suara sah dan tidak sah 20.054.

Saksi paslon nomor 4 Dodi Giri, Alex Andonis menyatakan keberatan,  menyangkut DPT yang disajikan Pilgub oleh KPU itu bukan didasarkan DPT Palembang,  itu tidak pernah menetapkan Pilgub. Yang ditetapkan DPT untuk Pilwako.  

"Saksi-saksi di TPS tidak menerima DPT di masing-masing KPPS.  Sehingga tidak tahu pemilih ganda.  Kami keberatan dengan DPT," katanya.  (saft)