Taipei 101, Ikon dan Keajaiban  Arsitektur Taiwan

Taipei 101, Ikon dan Keajaiban  Arsitektur Taiwan
menara Taipei 101 (ellis)

GEDUNG Taipei 101, di ibukota Taipei yang sebelumnya dikenal sebagai Pusat Keuangan Dunia Taipei - adalah landmark pencakar langit di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Taipei 101 adalah menara ikon dan keajaiban arsitektur di pusat Taipei, Taiwan.

Angka 101 menyerupai awal abad. Pembangunan Taipei 101 berlangsung sekitar masa ketika dunia memasuki abad ke-21. Bagi banyak tradisi, 100 adalah jumlah kesempurnaan, sehingga nomor 101 untuk Taipei 101 juga melambangkan kesempurnaan melawan satu kesempurnaan.

Beberapa keunikan menara Taipei 101 yang patut diketahui :

Bangunan ini secara resmi di dunia pada tahun 2004, dan tetap seperti itu sampai penyelesaian Burj Khalifa di Dubai pada tahun 2010.

Pada tahun 2011, gedung itu dianugerahi sertifikasi platinum LEED, penghargaan tertinggi dalam Energi dan Lingkungan Mendesain (LEED) peringkat sistem, dan menjadi gedung hijau tertinggi dan terbesar di dunia.

Dulu memiliki lift tercepat di dunia, bepergian dengan kecepatan 60,6 km / jam (37,7 mph) dan mengangkut penumpang dari lantai 5 hingga 89 dalam 37 detik.

Taipei 101 dibangun untuk menghadapi topan dan gempa bumi paling dahsyat.

Selain menggunakan bahan konstruksi seperti baja berperforma tinggi, "mega-kolom", dan tumpukan yang didorong 80 meter ke tanah untuk membentuk kerangka yang solid, menara ini juga memiliki pendulum baja 660 ton yang digantung dari 92nd ke 87 lantai menara, bertindak sebagai peredam massa yang disetel. Ada juga dua peredam massa yang lebih kecil yang dipasang di ujung menara menara. Tujuan peredam ini adalah untuk meminimalkan kerusakan pada menara ketika menghadapi angin kencang atau gempa bumi.

Ketika menara menangkap dirinya di jalur topan, atau di atas aktivitas seismik ganas selama gempa bumi, peredam berayun ke arah yang berlawanan dari kekuatan Alam untuk mengimbangi beban yang diambil menara. Pada 8 Agustus 2015, peredam utama bergoyang 100 sentimeter sebagai akibat dari angin kencang dari Topan Soudelor. Ini adalah gerakan peredam terbesar yang tercatat.

Sejak pembukaan menara pada tahun 2004, Taipei 101 telah bertahan lebih dari seratus gempa bumi dengan besaran yang berbeda. (kiriman: ellis)