Sun Moon Lake (Rìyuètán) di Taiwan

Sun Moon Lake (Rìyuètán) di Taiwan
Sun Moon Lake (Rìyuètán). (ellis)
Sun Moon Lake (Rìyuètán) di Taiwan

TAIWAN, MEDIASRIWIJAYA.com -- Sun Moon Lake adalah danau terbesar di Taiwan. Sun Moon Lake terletak di pegunungan Nantou di pusat geografis pulau Taiwan.

Nama danau ini terinspirasi oleh keindahan daerah tersebut. Sisi timur danau berbentuk bulat, seperti matahari, sedangkan sisi barat panjang dan sempit, seperti bulan sabit.

Setiap tahun selama Festival Pertengahan Musim Gugur (中秋節), perlombaan 3KM bernama Karnaval Berenang Danau Sun Moon diadakan, membawa puluhan ribu perenang untuk berpartisipasi dalam acara dan perayaan. Acara ini adalah satu-satunya waktu perenang  diizinkan di danau. Pada 2016, tanggal festival adalah 15 September.

Sun Moon Lake memiliki berbagai hotel dan  B & B (Bed and Breakfast = layanan hotel utk tidur dan sarapan) yang sangat besar. Daerah ini sangat diminati, jadi harus pesan lebih awal.

Suku Thao asli tinggal di sekitar danau, dan merupakan pemilik banyak bisnis lokal. Kota Ita Thao (伊達 邵) terletak di seberang danau dari area dermaga dan di samping Ropeway Sun Moon Lake.

Di tengah danau adalah sebuah pulau kecil bernama Lalu, dan dicadangkan untuk acara keagamaan suku asli, oleh karena itu masyarakat tidak diizinkan untuk mengunjungi pulau itu.

Taman budaya Formosa Aboriginal (九族 文化 村) terletak di dekat Sun Moon Lake dan dapat diakses oleh gondola ropeway. (ellis)