Stikerisasi Pedagang Lorong Basah Night Culinary

Stikerisasi Pedagang Lorong Basah Night Culinary
Stikerisasi Pedagang Lorong Basah Night Culinary, BPOM Sasar 47 Restoran. (Saftarina)
Stikerisasi Pedagang Lorong Basah Night Culinary

PALEMBANG, MEDIA SRIWIJAYA.COM. Balai BPOM Palembang terus melakukan stikerisasi terhadap para pedagang kuliner yang ada di Kota Palembang. Setelah sebelumnya dipasang stiker di 20 tenant UKM di kampung pempek kawasan 26 Ilir, kali ini giliran di Lorong Basah Night Culinary.

Kepala Balai BPOM Palembang, Dewi Prawitasari mengatakan, pemberian stikerisasi pangan aman ini dilakukan, agar masyarakat lebih aman saat mengKonsumsi makanan. Terutama pempek-pempek makanan khas yang sudah terkenal.

“Ada 270 pedagang dan 47 restoran yang menjadi target Balai BPOM Palembang untuk distikerisasi menjelang Asian Games ini,” kata Dewi.

Stikerisasi Pedagang Lorong Basah Night Culinary, BPOM Sasar 47 Restoran. (Saftarina)

Pemeriksaan sendiri, lanjut Dewi, dilakukan dengan menggunakan test kit formalin, borax, Rhodamin B dan Methanil Yellow. 

Untuk di Lorong Basah Night Culinary, lanjutnya, ada sekitar 46 tenant yang menjual kuliner khas Palembang dan kuliner lainnya yang ditempeli stiker keamanan pangan. 

“Stikerisasi ini akan terus dilanjutkan ke seluruh sasaran yang sudah dipetakan,” ujarnya.

Dewi mengungkapkan, selain memeriksa zat kimia berbahaya pada pangan, juga akan dilihat kebersihan makanan. 

“Tidak boleh ada rambut, staples atau batu dalam makanan. Kita terus lakukan pemantauan meskipun sudah dipasang stiker. Nah, kalau nanti ditemukan ada yang berbahaya, stikernya akan dibuka,” bebernya.

Bagi yang belum mendapat stiker, sambung Dewi, bisa mengajukan stikerisasi ke BPOM Palembang.

“Setiap seminggu sekali kita lakukan stikerisasi. Kami harapkan Juli ini sudah selesai,” katanya. 

 Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini mengungkapkan, dengan adanya stikerisasi pangan di Lorong Basah Night Culinary ini, diharapkan pengunjung tidak lagi was-was saat menyantap makanan di kawasan tersebut.

“Apalagi ini jadi destinasi wisata. Khususnya, saat Asian Games akan banyak negara lain yang datang ke Palembang. Dengan sudah adanya stikerisasi ini, mereka jadi tidak ragu-ragu lagi untuk membeli kuliner di Lorong Basah,” tambahnya.