Solusi Jaringan Internet Lambat, Google Rilis Aplikasi Google Go

Solusi Jaringan Internet Lambat, Google Rilis Aplikasi Google Go
Aplikasi Google Go (MEDIASRIWIJAYA.COM/Net)

MEDIASRIWIJAYA.COM - Google merilis aplikasi baru di Indonesia bernama Google Go, sebuah aplikasi pencarian yang dirancang khusus untuk perangkat berspesifikasi rendah dan dapat digunakan pada jaringan internet yang lambat. Aplikasi ini praktis dan cepat, sehingga membuat pengguna dapat menemukan, membagikan, dan mencari konten mudah serta bebas dari gangguan.

Hal ini disampaikan oleh Ken Tokusei, Director International Search, mengatakan bahwa Google Go membantu pengguna baru smartphone yang pertama kali mengakses web menemukan berbagai situs dan aplikasi dengan mudah seperti dilansir suara.com.

"Google Go disesuaikan untuk jutaan orang di Indonesia yang baru online untuk pertama kalinya. Aplikasi ini praktis dan sangat cepat di perangkat dengan RAM kecil dan koneksi yang tidak stabil," ucap Ken Tokusei, dalam pernyataan pada acara Google for Indonesia di Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Ukuran aplikasi Google Go hanya sekitar 5 MB, di mana menggunakan 40 persen lebih sedikit data untuk penelusuran. Ukurannya yang kecil ini membantu Google Go melakukan pemuatan situs dengan cepat dan lancar, meskipun menggunakan perangkat dengan RAM kecil atau koneksi pada jaringan 2G.

Selain itu, jika sambungan internet terputus Google Go akan mengingat dan mengambil hasil penelusuran untuk ditampilkan kembali saat pengguna online. Tak hanya itu, Google Go juga memiliki fitur untuk mendengarkan halaman.

Menggunakan teknologi AI, Google Go dapat mengidentifikasi bagian halaman yang harus dibaca. Sambil dibacakan, kata-kata di teks akan ditandai satu per satu sehingga pengguna bisa dengan mudah mengikuti apa yang pengguna dengarkan. Google Go juga dilengkapi dengan interface yang berorientasi tap, sehingga mempermudah akses pengguna mendapatkan informasi.

Dengan pengelompokkan ke dalam 13 kategori seperti berita, olahraga, pendidikan, lowongan, dan sebagainya, Google Go membuat akses web lebih mudah hanya dengan melakukan tap. Aplikasi Google Go kini dapat diunduh di Google Play Store dan tersedia dalam bahasa Indonesia