Siswa ABK Ikut Ujian Semester 2018/2019

Siswa ABK Ikut Ujian Semester 2018/2019
Guru SDN 30 Palembang yang bertugas menjadi pengawas ujian semester genap 2018/2019. (MEDIASRIWIJAYA.COM)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.COM - Setiap warga negara indonesia memiliki hak untuk mengenyam pendidikan yang layak, tidak hanya bagi anak-anak yang sehat saja, tetapi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) juga sudah seharusnya diberikan kesempatan yang sama untuk menempuh pendidikan formal yang layak. Hal ini kemudian menjadi perhatian pihak Sekolah Dasar (SD) Negeri 30 Palembang, untuk menyetarakan hak ABK dengan memberikan kesempatan mereka untuk mengikuti Ujian Semester Genap 2018/2019 yang berlangsung selama 6 hari. Karena memasuki pekan Ujian Semester Genap 2018, Kepala SD Negeri 30 Palembang Nuraini mengatakn sebanyak 127 siswa ABK mengikuti ujian di SD Negeri 30 Palembang.

“Alhamdulillah kita hanya memberikan mereka kesempatan agar mereka bisa mendapatkan pendidikan formal yang sama dengan anak-anak lainnya. Kita perlakukan mereka sama, tidak ada perbedaan, dan mereka berbaur dengan anak-anak yang lain dan memasuki kelas-kelas yang disediakan", Selasa (3/12/18). SDN 30 Palembang merupakan sekolah di Palembang yang merupakan pusat sekolah rujukan bagi anak disabilitas untuk belajar dengan para guru yang memang memiliki kapasitasnya. Nuraini juga menambahkan jika sekolahnya merupakan sekolah fillial yakni sekolah yang menjadi rujukan bagi siswa ABK untuk jenjang SD.

“Ya, sama kita perlakukan. Dan saat ini mereka ujian semester sampai hari Sabtu nanti," tambahnya.

Lanjut Nuraini, bahwa memang saat ini jumlah ABK di sekolahnya tak terlampau banyak hanya sekitar 20 persen. Namun para guru juga dibekali khusus untuk mengajar ABK.

“Total anak yang ikut ujian ada 700 siswa. 127 diantaranya adalah siswa ABK,"pungkasnya.

Senada dengan itu dikatakan Kepala UPTD Dinas Pendidikan IB II Sarmidi bahwa pihaknya berharap ujian diwilayahnya berlangsung dengan lancar. Baik distribusi soal dan lainnya.

"Ya, kami hari ini meninjau ujian. Termasuk di SDN 30. Dan mengenai soal-soal ujian, kita serahkan kepada pihak sekolah untuk membuatnya karena memang sekolah lah yang paham dengan kondisi siswa," tutupnya.