Sering Mengucek Mata? Ternyata Ini Penyebab Mata Gatal

Sering Mengucek Mata? Ternyata Ini Penyebab Mata Gatal
ilustrasi mengucek mata (MEDIASRIWIJAYA.COM/Net)

MEDIASRIWIJAYA.COM - Semua orang tentu pernah merasakan gatal pada mata. Saking gatalnya, beberapa orang suka mengucek matanya. Sebenarnya tentu tidak baik mengucek mata karena dikhawatirkan akan merusak mata. Agar mata tidak sering gatal dan mengurangi intensitas kita mengucek mata tentu penting bagi kita untuk mengetahui penyebab gatal pada mata.

Dilansir dari suara.com, berikut adalah penyebab gatal pada mata.

1. Konjungtivitis alergi

Konjungtivitis alergi adalah peradangan mata yang disebabkan oleh reaksi alergi terhadap zat-zat seperti serbuk sari, spora jamur yang bisa terbang terbawa angin. Konjungtiva sendiri sebenarnya adalah lapisan yang membungkus bola mata. Konjungtiva rentan terhadap iritasi dan cukup umum terjadi.

Ada dua jenis konjungtivis alergi yang bisa terjadi, yakni konjungtivis alergi akut dan kronis. Konjungtivis alergi akut adalah kondisi yang paling umum. Gejalanya kelopak mata tiba-tiba terasa gatal dan perih seperti terbakar. Namun, terkadang diikuti dengan hidung berair seperti saat Anda akan pilek. Reaksi alergi ini terjadi hanya sebentar.

Sementara itu, konjungtivitis kronis lebih jarang terjadi. Alergi jenis ini bisa terjadi sepanjang tahun terus-terusan. Alergi kronis merupakan respons tubuh terhadap alergen seperti makanan, debu, bulu binatang. Gejala utamanya alergi jenis ini adalah mata terasa seperti terbakar sangat gatal.

2. Mata kering

Mata kering adalah kondisi saat mata tidak memproduksi cukup air mata. Jika mata tidak cukup menghasilkan air mata, ini akan sangat mengganggu penglihatan, mata terasa perih, gatal atau seperti ada yang mengganjal, dan memerah. Anda perlu mengatasi mata kering ini jika ingin menghilangkan mata yang gatal.

Sebenarnya mata kering ini bukan hanya karena sedikitnya jumlah air mata yang diproduksi. Bisa juga terjadi karena kualitas air mata yang dihasilkan kurang baik. Dari kebiasaan juga bisa membuat mata jadi kering, contohnya kebiasaan merokok.

Kebiasaan ini bukan hanya berdampak pada sistem pernapasan, tetapi juga pada mata. Mata kering yang semakin gatal, memerah, dan tidak kunjung sembuh sebaiknya segera dibawa ke dokter.

3. Peradangan kelopak mata

Blepharitis adalah kondisi meradangnya kelopak mata. Peradangan kelopak mata ini bisa terjadi ketika kelenjar minyak kecil yang ada di dasar bulu mata tersumbat. Kondisi ini membuat mata jadi mudah teriritasi dan kelopak mata membengkak.

Gejala yang akan muncul pada kondisi ini adalah mata gatal, mulai dari area kelopak mata dan mata secara keseluruhan, mata berair, mata memerah, dan mata jadi sensitif terhadap cahaya silau.

4. Penggunaan lensa kontak

Menggunakan lensa kontak juga bisa jadi penyebab mata gatal yang yang menyiksa. Jika Anda menggunakan lensa kontak terlalu lama atau terlalu jarang mengganti lensa tersebut, nanti akhirnya mata jadi gatal.

Beberapa orang juga ada yang merasa alergi terhadap cairan lensa kontak, sehingga Anda harus memahami kandungan mana saja yang aman untuk mata Anda dan yang berbahaya. Jadi jangan sepele terhadap mata gatal yang membuat Anda sering mengucek mata, periksakan segera jika sudah cukup mengganggu.