Sebanyak 20.766 e-KTP Invalid Dimusnahkan

Sebanyak 20.766 e-KTP Invalid Dimusnahkan
MEDIASRIWIJAYA.COM/Foto: Humas Pemkab Muba

SEKAYU, MEDIASRIWIJAYA.COM - Sebanyak 20.766 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e- KTP) dimusnahkan, dengan cara dibakar oleh pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba), Jumat(14/12/2018) siang.

Hal ini juga dilakukan guna melaksanakan surat edaran (SE) untuk seluruh bupati/wali kota. SE bernomor 470.13/11176/SJ tanggal 13 Desember 2018 berisi tentang penatausahaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) rusak atau invalid.

“Jadi, hari ini e-KTP yang invalid di Muba, kitamusnahkan dengan cara dibakar, ini juga untuk meminimalisir hal-hal yang tidakdiinginkan menjelang pelaksanaan pileg dan pilpres,” ungkap KadisdukcapilPemkab Muba Asmarani.

Dilanjutkannya, pemusnahan ini juga dimaksudkan sebagai bentuk tertib administrasi dan sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan, kewaspadaan dalam sistem administrasi kependudukan, serta untuk menghindari penyalahgunaan e-KTP yang rusak atau invalid.

Sementara itu, Asisten I Pemkab Muba Rusli mengatakan, Pemkab Muba melalui Disdukcapil Muba segera melaksanakan SE Kemendagri tersebut.

“Hasilnya, ada 20.766 e-KTP yang invalid dan hari ini langsung dimusnahkan dengan dibakar serta disaksikan oleh pihak Polres Sekayu,” ungkapnya.

Sumber: Koran Indonesia