Satu Rumah di Penanggiran Ludes Terbakar

Satu Rumah di Penanggiran Ludes Terbakar
MEDIASRIWIJAYA.COM/Ist

MUARAENIM, MEDIASRIWIJAYA.COM - Satu unit rumah panggung milik Birdan, warga Kampung 6 Desa Penanggiran, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muaraenim, Sumsel, Minggu malam (09/12/2018) sekitar pukul 21.30 WIB hangus terbakar dan hanya menyisakan puing-puing saja.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang sempat membuat gegeran warga itu, sementara kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah, tidak ada harta benda yang dapat diselamatkan. Sedangkan penyebab kebakaran hingga kini belum diketahui secara pasti.

“Api baru ketahui setelah asap pengepul, dan warga dengan peralatan seadanya berusaha memadamkan kobaran api, namun tidak berhasil memadamkan api, mala sebaliknya kobaran api semakin membesar hingga akhirnya menghanguskan seluruh bangunan,” ujar salah seorang warga yang enggan menyebutkan namanya.

Api baru dapat dikuasai setelah petugas pemadam kebakaran dari Muaraenim tiba dilokasi kejadian, sehingga api tidak sempat menjalar ke rumah yang ada sisi kiri dan kanan.

Menurut Iyan, kebakaran ini merupakan yang kedua kalinya terjadi di Desa Penanggiran, sebelumnya kebakaran menimpa rumah milik Lison warga yang sama, dan jam kejadian persis sekitar 21.30 WIB.

“Kejadiannya tahun ini juga bulan puasa lalu, jamnya hampir sama dan menghanguskan seisi rumah,” ujarnya. Dia meminta kedepannya agar bupati menempatkan satu kecamatan satu mobil pemadam kebakaran, sehingga begitu ada kebakaran mobil pemadam kebakaran dalam hitungan menit sudah tidak dilokasi kejadian, dan bisa dibantu mobil pemadam kebakaran kecamatan terdekat.

“Kalau mau nunggu dari Muaraenim, ya beginilah kejadiannya, mobil datang, rumah sudah ludes, kan jaraknya luman jauh bisa 35 km lebih kurang,” katanya.

Sumber: Koran Indonesia