Saat Kram Otot, yuk Lakukan ini!

Saat Kram Otot, yuk Lakukan ini!
ilustrasi (net)

MEDIASRIWIJAYA.com - Yaa....hampir semua manusia merasakan kram otot, hal itu bisa terjadi karena otot secara mendadak berkontraksi sehingga yang mengalami kram otot akan merasa sakit dan sulit bergerak.

Kram otot, lazim terjadi ketika sedang berolahraga terutama bagi yang mereka yang tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu. Karena itu, setiap berlatih atlet-atlet biasanya diwajibkan untuk pemanasan sebelum melakukan sejumlah gerakan utama.

Bukan hanya, mereka yang jarang berolahraga tetapi atlet pun kerap diketahui mengalami kram otot, seperti pekan lalu yang dialami Anthony Ginting, pebulu tangkis muda yang kini sedang berjuang meraih medali emas di Asian Games.

Namun, kram otot juga kerap dirasakan para lanjut usia atau lansia yang beresiko lebih sering mengalami kram otot, ketika tubuh kekurangan air atau dehidrasi biasanya juga akan memacu terjadinya kontraksi otot yang tiba-tiba.

Begitu juga dengan ibu hamil, dengan kondisi tubuh yang mengalami perubahan maka akan beresiko lebih sering terkena kram otot, terutama dirasakan saat bangun tidur atau ketika berdiri lebih lama.

Mereka yang menderita diabetes, gangguan saraf, hati dan tiroid juga berpotensi lebih sering cedera otot atau kram otot, demikian dilansir dari klikdokter.com

Namun, setiap permasalahan ada solusinya, begitu juga penyakit juga dapat diredakan atau disembuhkan dengan berbagai cara yang cenderung mudah dilakukan asal terus menerus atau rutin.

Berikut ini cara mengatasi kram otot :

Istirahat
Saat Anda mengalami kram otot, hal yang pertama harus dilakukan adalah beristirahat. Hentikan segala aktivitas, dan langsung posisikan tubuh senyaman mungkin.

Regangkan dan lakukan pijatan
Regangkan otot yang kram dan lakukan pijatan halus, agar otot menjadi relaks. Jika Anda mengalami kram pada otot betis dan tidak mampu berdiri, duduklah di lantai atau kursi sambil posisi kali diluruskan.

Gunakan kompres hangat atau dingin
Dengan menggunakan handuk hangat atau botol hangat, tempelkan pada otot yang mengalami kram. Selain itu, Anda juga bisa berendam di air hangat atau mandi dengan shower hangat yang langsung diarahkan pada otot yang kram.
Melakukan pijatan pada otot yang kram dengan bantuan handuk yang dibalut es juga dapat membantu meredakan rasa nyeri.

Minum air putih
Air putih merupakan cara rehidrasi tubuh yang baik, sehingga otot-otot Anda dapat kembali berfungsi sebagaimana mestinya. Tak hanya itu, konsumsi air putih dalam jumlah cukup juga dapat “membenahi” sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan.

Konsumsi makanan yang mengandung protein
Jika olahraga yang Anda lakukan berakhir pada kondisi kram otot, jangan sungkan untuk langsung mengonsumsi makanan berprotein. Faktanya, otot yang cedera membutuhkan asupan protein yang cukup untuk proses perbaikan diri. Anda bisa mendapatkan protein dari ikan, daging merah, serta kacang-kacangan. Tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya!.

Tentu tidak sulitkan melakukan sejumlah tindakan diatas, ayoo mulailah dari sekarang bergaya hidup lebih sehat. Tetapi jika semua pencegahan telah dilakukan tetapi tetap mengalami kram otot, jangan segan periksakan diri ke dokter ya.(Ne)