Restoran Kopitiam Bangun IPAL Mini

Restoran Kopitiam Bangun IPAL Mini
Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) Restoran New Kopitiam yang Sedang Dibangun (MEDIASRIWIJAYA.COM/Saft)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.COM - Konsultan Restoran New Kopitiam, Dr Ir Apriadi S Busri CES didampingi Pimpinan Cabang New Town, Tri Sutrisno mengungkapkan, pihaknya saat ini langsung membuat Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) seperti yang diinstruksikan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK). 

"Sudah dikerjakan, sekarang sudah selesai 25 persen. Kita langsung buat sistem IPAL sesuai dengan yang diminta DLHK. Dengan kedalaman sekitar 2 meter. Nanti, akan dibuat sekat-sekat sehingga akan memisahkan kotoran yang masuk. Selain itu, juga dipasang grass track yang akan memisahkan lemak-lemak sehingga air yang dibuang ke drainase nanti sudah bersih,” katanya.

Dengan adanya IPAL Mini ini nantinya, kata Apriadi, akan menampung limbah dari New Town dan kedai Pempek Roemah Bari yang letaknya berdampingan. “Kalau IPAL mini sudah selesai, maka New Town Kopi Tiam akan menjadi pilt project IPAL Mini untuk hotel, restaurant, cafe dan rumah makan lainnya. Pekerjaan kami ini tetap diawasi DLHK Kota Palembang,” jelasnya.

Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) Restoran New Kopitiam yang Sedang Dibangun (MEDIASRIWIJAYA.COM/Saft)

Apriadi menjelaskan, IPAL mini akan memproses air kotor dari pembuangan sehingga setelah keluar nanti akan dihasilkan air bersih yang sudah bebas dari kotoran. “Sehingga, air yang keluar nantinya sudah bersih,” tukasnya.  

Apriadi mengakui, selama ini sebenarnya New Town Kopitiam sudah memiliki proses IPAL namun belum optimal karena hanya berupa bak kontrol.

“Sehingga proses penyaringan seperti lemak dan kotoran tidak sempurna. Namun, sekarang langsung kita perbaiki,” jelasnya. 

Setelah mendapat penjelasan dari DLHK, Apriadi memastikan, pengelolaan limbah New Town Kopitiam akan lebih diperhatikan termasuk beberapa petunjuk seperti pembuatan IPAL. Kedua perbaikan drainase di sekitar usaha tidak boleh ditutup. 

"Kita akan buat saluran terbuka dan pembangunan IPAL akan kami laksanakan mulai hari ini dan meminta kepala DLHK Kota Palembang untuk meninjaunya," katanya. (saft)