Rekapitulasi KPU Selesai, Harnojoyo-Fitri Tetap Unggul

Rekapitulasi KPU Selesai, Harnojoyo-Fitri Tetap Unggul
Rekapitulasi KPU Selesai, Harnojoyo-Fitri Tetap Unggul. (KPU Kota Palembang)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com -- Pasangan calon Walikota Palembang nomor urut 1, H. Harnojoyo-Fitrianti Agustinda, tetap unggul berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kota, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang  Rabu (4/7).

Berdasarkan hasil pleno, pasangan meraih suara sebanyak 351.240, jauh mengungguli pasangan lain seperti pasangan calon nomor urut 2, Sarimuda - Abdul Rozak yang memperoleh 286.027 suara.

Sementara, pasangan calon nomor urut tiga, Akbar Alfaro-Hernoe Roespriadji meraih suara sebanyak 28.921 dan paslon nomor urut empat sebanyak Mularis Djahri-Syaidina Ali mendapatkan suara sebanyak 90.968.

Ketua KPU Kota Palembang, Syarifudin menerangkan, selama proses pleno rekapitulasi, mulai dari Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel), serta pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Palembang, berjalan lancar dan sesuai dengan tahapan.

"Alhamdulillah malam ini kita sudah melaksanakan proses perhitungan rekapitulasi perhitungan suara pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palembang telah selesai dilaksanakan," ungkapnya.

Sementara itu, saksi pasangan calon nomor urut 1, Sulaiman Djahri menyatakan menerima hasil yang ditetapkan KPU karena tidak ada perbedaan antara data yang dimiliki tim saksi dengan hasil rapat pleno. Pihaknya sendiri masih menunggu waktu selama tiga hari kalau ada yang keberatan terhadap hasil rapar pleno sesuai dengan aturan yang ada di KPU.

"Kita berharap pasangan lain juga legowo terhadap hasil ini karena sudah transparan, dan tidak ada yang dipermainkan," tandasnya.

Pasangan Harnojoyo-Fitrianti Agustinda unggul 65.213 suara dari pasangan nomor urut 2, Sarimuda Sarnubi-Abdul Rozak.

Sedangkan, untuk total suara sah dan tidak sah pada Pilkada Kota Palembang sebanyak 782.715 yang terdiri dari 757.156 suara sah dan 25.559 suara tidak sah. (Saft)