PREVIEW Semi-Final Piala Dunia 2018: Kroasia - Inggris

PREVIEW Semi-Final Piala Dunia 2018: Kroasia - Inggris
(fifa.com/net)

MEDIASRIWIJAYA.com — Inggris dan Kroasia, akan bertemu pada semi-final kedua besok Kamis (12/7) dini hari WIB. Kedua tim akan bersaing untuk memperebutkan satu tiket terakhir partai Final dan menantang Prancis yang sudah lolos lebih dulu.

Kedua kesebelasan berniat melanjutkan mimpi setelah tidak diunggulkan pada awal turnamen. Inggris selalu gagal melaju ke semifinal sejak Piala Dunia 1990. Bahkan, mereka tidak pernah melewati 16 besar setelah mencapai perempat final Piala Dunia 2006. Sementara itu, prestasi terbaik Kroasia hanya menempati posisi ketiga pada 1998. Selebihnya, Kroasia lebih sering dipandang sebelah mata.

Keberhasilan Inggris melaju ke semifinal tidak dapat dilepaskan dari sosok Gareth Southgate di kursi kepelatihan. Southgate memilih pemain berdasarkan kebutuhan tim dan menjadikan kolektivitas tim sebagai senjata andalan.

Kejeniusan Southgate memimpin Inggris membuatnya banjir pujian. Terbaru, kapten Liverpool, Jordan Henderson, memuji kinerja Southgate di Inggris.

"Southgate memberikan kami identitas bermain. Kami berdiskusi ketika dia mengambil alih dan ternyata memiliki ide yang sama. Hal terbaik adalah bermain senyaman mungkin," kata Henderson.

"Southgate mengenal semua orang dengan baik sehingga terjadi keakraban dalam tim. Dibandingkan dengan timnas Inggris sebelumnya, terdapat perbedaan jelas," lanjutnya.

Di sisi Kroasia, Pelatih Zlatko Dalic memuji performa timnya, namun menekankan bahwa Inggris bukan lawan yang mudah. Ia pun berharap anak asuhnya tetap menghormati lawan dan menampilkan sepakbola terbaik mereka.

"Saya tidak mengatakan itu mudah bagi Inggris untuk mencapai semifinal, saya hanya mengatakan mereka membuatnya terlihat mudah melawan Swedia yang juga tim yang sangat bagus. Tetapi Inggris bermain sangat baik melawan mereka, mereka punya banyak kekuatan dalam tim mereka. Raheem Sterling dan pemain lainnya masih muda dan sangat baik. Jadi tidak ada jalan mudah ke semi final Piala Dunia, baik untuk Inggris atau Kroasia,” ujar Dalic.

“Kami layak berada di sini, dan jika Anda berada di semi final, itu menunjukkan kualitas Anda,”

“Kami menghormati lawan kami, tetapi kami juga menghormati Kroasia di atas segalanya."

Duel seru akan terjadi di lini tengah. Trio gelandang Inggris, Dele Alli, Jordan Henderson, dan Jesse Lingard akan berhadapan dengan duet Modric serta Rakitic.

Apabila dapat menghentikan dua motor serangan Kroasia ini, Inggris berpeluang besar lolos ke final.

Namun, Southgate pantang menganggap remeh kombinasi Modric dan Rakitic, selain itu Kroasia juga memiliki Dejan Lovren yang sudah hafal cara mematikan pergerakan Kane karena sering berhadapan di Premier League. (net/berbagai sumber)