Pos Kesehatan Satelit disiagakan di Arafah

Pos Kesehatan Satelit disiagakan di Arafah
(sehatnegeriku.kemkes.go.id)

MAKKAH, MEDIASRIWIJAYA.com - Puncak pelaksanaan ibadah haji mulai berlangsung dengan pemusataan jamaah haji di Arafah dan Mina sehingga Kementerian Kesehatan RI telah menyiagakan pos kesehatan satelit  yang berada tidak jauh dari tenda jamaah.

Sekjen Kementerian Kesehatan Untung Suseno Sutarjo, di Makkah, akhir pekan lalu mengatakan pihaknya meninjau kesiapan tim kesehatan untuk Armina secara berkelanjutan.

''Pemeriksaan kesiapan peralatan kesehatan menjadi upaya untuk mengurangi permasalahan yang timbul akibat teriknya matahari dengan suhu udara ekstrim," katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan beragam alat untuk fasilitas kesehatan di lokasi ibadah armina.

Selain, kelengkapan peralatan kesehatan, pihaknya juga akan memberikan pelayanan optimal yang cepat dan nyaman bagi jamaah, ujarnya. 

Dia menambahkan, sejauh ini pihaknya memastikan tenda dan pendingin ruangan serta listrik telah sesuai kebutuhan.

Namun, beragai fasilitas kesehatan tersebut tersedia tetapi kepatuhan jamaah terhadap imbuan petugas juga menjadi kunci terjaganya kesehatan jamaah, tambah dia.

Untung mengimbau agar ketika keluar tenda gunakan alat pelindung diri yaitu payung, kacamata, dan jangan lupa gunakan alas kaki karena di sini sangat panas sekali. 

"Minumlah,  sesering mungkin untuk menghindari dehidrasi dan heat stroke. Basahi tubuh dengan air sesering mungkin,'' katanya.

Sementara Tim Kesehatan mulai bergerak menuju Arafah pada tanggal 19 Agustus 2018. Seluruh tim kesehatan yang terdiri dari Tim Promotif Preventif (TPP), Tim Kuratif Rehabilitatif (TKR) dan Tim Gerak Cepat (TCG), siap melayani jemaah haji Indonesia. 

Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusup Singka menegaskan Kemenkes sudah memaksimalkan peran di Arafah dengan membentuk pos kesehatan satelit.

''Di Muzdalifah kita menempatkan ambulans, yang baru kali ini terjadi. Serta di Mina dengan membuka pos kesehatan di Mina Jaddid,'' kata Eka.(Kemenkes/Ne)