PJ Walikota: Pengelolaan Keuangan di Kota Palembang Sangat Baik

PJ Walikota: Pengelolaan Keuangan di Kota Palembang  Sangat Baik
Foto ist

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com - Pembukaan sosialisasi tentang Peran Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dalam Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara berlangsung di Hotel Arista, Jumat (14/9/18). Acara yang dihadiri PJ Walikota Palembang, Akhmad Najib ini dibuka langsung oleh Wakil Ketua Komisi X DPR dari Fraksi PAN, Achmad Hafiz Thohir.

PJ Walikota Palembang, Akhmad Najib mengatakan, pengelolaan keuangan di Kota Palembang sudah berjalan dengan baik. "Alhamdulillah pengelolaan keuangan di Palembang sangat baik, Insya Allah ke depan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas," ujarnya.

Sementara itu Anggota V Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), lr Isma Yatun MT mengatakan, BPK bertugas untuk memeriksa laporan keuangan, menindak dan memantau hasil pemeriksaan serta menindaklanjuti hasil dan dilaporkan secara tertulis. "Instansi terkait atau pemerintah harus menyampaikan laporan secara tertulis dan kita juga memiliki kewenangan untuk menentukan objek pemeriksaan, jadwalnya, waktu dan tempat," jelasnya.

Selain itu, sambung Isma Yatun, BPK harus menetapkan standar pemeriksaan laporan pengelolaan keuangan di instansi terkait. "Paling tidak ada 5 indikator yang menjadi penilaian BPK, Standar Pengendalian Internal (SPI), kesesuaian laporan dengan standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan atau penyampaian informasi, kepatuhan pada peraturan perundang-undangan dan yang terakhir, tingkat kewajaran pada laporan keuangan,” terang Isma Yatun.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Komisi X DPR dari Fraksi PAN, Achmad Hafiz Thohir menyebutkan, pelaksanaan audit sudah 62 persen dilaksanakan. Bahkan, Palembang sudah memenuhi persyaratan pelaksanaan transparansi APBD. "Ke depan kita harapkan lebih baik lagi apalagi kita sudah menyelesaikan perhelatan Asian Games dan kita sudah dilirik oleh provinsi lain. Dengan adanya BPK ini dapat menjalankan pengelolaan transparansi anggaran negara dengan baik. Palembang sudah luar biasa," katanya.(saft)