Petani Tewas Terpanggang di Lahan Terbakar

Petani Tewas Terpanggang di Lahan Terbakar
Petani karet yang tewas terbakar sedang dievakuasi (MEDIASRIWIJAYA.COM/Ly)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.COM - Wira Wijaya alias Jalaludin (75), petani karet di Desa Nusa Makmur Dusun II RT 03 Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel), ditemukan sudah dalam kondisi tewas terpanggang di kebun karet. Kamis 25/10/18).

Jenazah langsung dievakuasi oleh petugas Polsek Air Kumbang Banyuasin, ke Instansi Forensik RS Bhayangkara Palembang. Tiba di RS Bhayangkara Palembang pada pukul 12.00 wib.

 

Petani karet yang tewas terbakar (MEDIASRIWIJAYA.COM/Ly)

 

Dari pantauan di lapangan, jenazah Jalaludin ditemukan oleh anaknya sendiri, dikarenakan sehari semalam tidak pulang, sejak pamitan untuk pergi ke kebun karet. Karena tanpa kabar, akhirnya pihak keluarga mencari keberadaan korban. Jasad korban ditemukan dalam  kondisi terlentang, di lokasi lahan kebun H Sirojudin.

"Saya kurang tahu kejadiannya seperti apa, kemarin bapak cuma panitia ke kebun waktu ditemukan sudah meninggal dunia"kata Sadiman (40) menantu korban.

Sementara itu. Kapolsek Air Kumbang Banyuasin. Iptu Apriyadi, ketika dikonfirmasi mengatakan jika pihaknya mendapat laporan pada pukul 09.00 wib, dan segera menuju TKP untuk mengevakuasi  korban dan mengamankan TKP.

 

Petani karet yang tewas terbakar dilahan karet yang juga ikut terbakar (MEDIASRIWIJAYA.COM/Ly)

 

"Dugaannya korban tewas kehabisan oksigen saat membakar lahan," ujar  Apriyadi seraya menambahkan lahan yang terbakar diduga milik korban sekitar 1 hektare persegi. Namun, ketika membakar lahan untuk membuka kebun baru, api yang dihidupkan oleh Jalaludin, malah api  merambat ke arah kebun milik H Sirojudin.

"Almarhum berusaha untuk mematikan api, karena sudah berumur dan hanya sendiri diduga terlalu banyak menghirup asap sehingga tidak bisa keluar dan tewas,"jelasnya. 

Saat ini jenazah masih di Instalasi Forensik RS Bhayangkara Palembang, untuk menjalani pemeriksaan petugas medis.(Ly)