Pertumbuhan Ekonomi Meningkat, Empat Pasar Segera Dibangun Tahun Ini

Pertumbuhan Ekonomi Meningkat, Empat Pasar Segera Dibangun Tahun Ini
(net)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.COM – Pertumbuhan ekonomi di Kota Palembang cukup pesat. Hal ini diiringi dengan bertambahnya jumlah pasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kota Palembang. Setidaknya ada empat pasar yang segera dibangun tahun ini, pembangunan pasar yang ada direhab untuk menjadi pasar yang layak.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Hardayani menjelaskan, empat pasar yang direhabilitas ada empat. Menurutnya, rehabilitas harus dilakukan karena kondisi pasar yang sudah tidak layak dan harus dibenahi agar pedagang dan pengunjung merasa nyaman. Empat pasar yang direhabilitasi di antaranya, Pasar 3-4 Ulu, Pasar Kamboja, Pasar Padang Selasa dan Pasar Tangga Buntung. Satu lagi pasar baru yang dibangun yakni Sako.

“Jadi ada lima pasar yang kita bangun tahun ini. Insya Allah tahun ini empat pasar dalam waktu dekat bisa dibangun,” katanya.

Masih menurut Hardayani, saat ini sudah masuk tahap relokasi. “Keempat pasar sekarang sudah mulai direlokasi, karena pembangunan akan segera dilakukan,” katanya.

Yenni mengatakan, pembangunan empat pasar merupakan bantuan dari kementerian dengan total dana sebesar Rp4,4 miliar. Sedangkan untuk pembangunan pasar baru yakni di Sako, menelan dana sebesar Rp5,6 miliar.

“KIta berharap dengan pembangunan pasar ini dapat memberikan kenyamanan bagi pedagang maupun pengunjung yang ada. Tahap relokasi dilakukan secara bertahap dan lokasi sementara tidak jauh dari letak pasar, supaya pedagang tidak repot,” jelasnya.

Hardayani menambahkan, Pemkot terus membangun pasar yang ada di Palembang. Namun kata dia, tidak bisa secara keseluruhan, tetapi bertahap dan mudah-mudahan seluruh pasar bisa direhabilitasi, sehingga imej pasar tradisional kotor dan bau tidak akan ada lagi.

“Melalui rehabilitasi pasar tradisional, mudah-mudahan pedagang maupun pengunjung bisa nyaman dan aman,” katanya.(saft)