Pengguna Facebook Terus Menurun, Akankah Kehilangan Pasar?

Pengguna Facebook Terus Menurun, Akankah Kehilangan Pasar?
ilustrasi pengunaan facebook (MEDIASRIWIJAYA.COM/Net)

MEDIASRIWIJAYA.COM - Pengguna media sosial terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun berbeda dengan Facebook , media sosial ini malah mengalami penurunan pengguna. Akankah Facebook mulai kehilangan pasar?

Beberapa tahun belakangan, Facebook benar-benar menguasai pasar media sosial. Siapa saja pasti menggunakan media sosial satu ini. Sayangnya, Facebook mulai kehilangan pesonanya. Beberapa pengguna setianya, beralih menggunakan media sosial lain.

Sejak pertama kali dirilis tahun 2004, Facebook tumbuh besar di dunia dan menjadi pemimpin berbagai media sosial. Dilansir dari Forbes, secara global, jumlah pengguna Facebook ini sudah mencapai kisaran 2,27 miliar hingga Oktober 2018.

Data media sosial. (Forbes)

Angka ini menjadi total 30 persen dari populasi manusia di Bumi yang masih menggunakan media sosial besutan Mark Zuckerberg. Walaupun masih mendominasi, dibandingkan dengan Twitter, Pinterest, YouTube, Instagram, Tumblr, dan lain-lain, pasar Facebook kini semakin menurun.

Dalam laporan Statcounter, pangsa pasar Facebook sebagai media sosial yang digunakan secara global mengalami penurunan dari 75,5 persen pada Desember 2017 hingga menyentuh angka 66,3 persen pada Desember 2018.

Ketika pangsa pasar Facebook menurun tiap bulannya, media sosial lainnya justru meningkat secara drastis. Desember 2018, tercatat pangsa pasar Pinterest mencapai 16,3 persen, Twitter menyentuh angka 8,2 persen, YouTube 4,8 persen, dan Instagram sebesar 1,8 persen.

Data media sosial. (Forbes)

Kemudian pada bulan Juni 2018, Facebook mengalami titik terendahnya dengan pangsa pasar sebesar 63 persen. Sedangkan Pinterest mengalami peningkatan hingga 14,2 persen, dan YouTube mencapai 10 persen.

Pada beberapa wilayah di Amerika Serikat, pasar Facebook cenderung menurun drastis. Ini dicurigai karena terjadinya penyalahgunaan data pengguna yang terjadi sepanjang tahun 2018.

Tercatat, pasar Facebook turun dari 76 persen pada Desember 2017 menjadi 52 persen pada Desember 2018. Di Amerika Serikat sendiri, Facebook harus bersaing dengan Pinterest yang menguasai 28 persen, dan Twitter 7,4 persen.

Walaupun mengalami penurunan di Amerika, di Eropa, Facebook tetap mendapat pasarnya dengan meningkatnya pengguna aktif bulanan. Tercatat dari 70 persen bulan Juli 2018, angka ini meningkat sebanyak 77 persen pada November 2018.

Di Eropa, Facebook juga mendapat persaingan dari Pinterest. Sedangkan di Asia, YouTube dan Twitter menyaingi Facebook. Dan di Afrika, Facebook bersaing dengan YouTube. Apakah Anda masih menggunakan Facebook? Bagaimana pendapat Anda tentang Facebook yang hampir kehilangan pasar ini? (HiTekno/suara)