Pemilih Pemula Rentan Politik Uang

Pemilih Pemula Rentan Politik Uang
Pemberian Cinderamata oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang kepada Pembicara Ketua Bawaslu Sumsel,  Ketua KPU Sumsel, diwakili oleh Hepriyadi (Anggota KPU Divisi Hukum dan Pengawasan), Pengamat Politik/Rektor Universitas Taman Siswa, (5/12)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumsel dan bertandang ke Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang guna mengadakan kegiatan Dialog Interaksi bersama UIN RF Palembang dengan tema “Memilih itu Juara” sekaligus sosialisasi pemilu dengan tema “Gerakan Cerdas Memilih” yang dilaksanakan di gedung Rektorat lantai 3 UIN RF Palembang, Rabu, (5/12).


Narasumber Dialog interaktif yang hadir pada kegiatan tersebut yaitu Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel, Iin Irwanto, Ketua KPU Sumsel, diwakili oleh Anggota KPU Divisi Hukum dan Pengawasan, Hepriyadi, SH. MH, Pengamat Politik/Rektor Universitas Taman Siswa, Prof. Dr.  Joko Siswanto dan Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Drs. H.M. Sirozi, M.A., Ph.D.


Dalam Dialog Interkatif, Iin Irwanto mengatakan jika ada sekitar 6.272 pemilih pemula. “Pemilih Pemula itu yang sangat berpotensial, sehingga kami (KPU dan Bawaslu) merasa perlu dan berkewajiban untuk menggelar acara Dialog interaktif ini bersama mahasiswa, khususnya mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang,” ujarnya.


Hal senada juga dikatakan oleh Hepriyadi, SH. MH yang mengatakan jika sebagian besar mahasiswa merupakan para pemilih pemula. "Generasi muda harus paham bagaimana proses politik, dan harus ikut berpartisipasi dalam politik, karena mahasiswa merupakan bagian dalam menentukan masa depan," katanya.


Sementara itu, Pengamat Politik Sumsel, Prof. Dr.  Joko Siswanto mengatakan bahwa pemilih yang cerdas adalah pemilih yang rasional. “Pemilu merupakan wahana bagi mahasiswa dalam menggunakan hak pilihnya untuk memilih orang yang dianggap layak sebagai wakil rakyat,” tuturnya.


Pada kesempatannya yang sama, Rektor UIN RF Palembang, Prof. Drs. H.M. Sirozi, M.A., Ph.D. mengatakan jika masih banyak informasi dan wawasan politik yang belum sampai pada mahasiswa selaku pemilih pemula. Maka pihak kampus sampai saat ini selalu terbuka dan memberikan ruang kepada mahasiswa yang bekerja sama dengan KPU dan Bawaslu mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan Sosialisasi Pemilu. “Mahasiswa sebagai pemilih pemula akan menjadi sasaran politik uang, apabila pemilih yang cerdas tentu mampu dan harus menolak politik uang, serta menyaring informasi yang bersifat hoax,” ujarnya. (na)