Cara Menghilangkan Bau Asap Rokok di Dalam Mobil

Cara Menghilangkan Bau Asap Rokok di Dalam Mobil
MEDIASRIWIJAYA.COM/Net

MEDIASRIWIJAYA.COM - Merokok saat berada dalam mobil memang tidak dianjurkan sebab dapat membahayakan pengemudi dan penumpang lainnya. Selain itu bau asap rokok juga akan tertinggal di dalam kabin mobil.

Untuk beberapa orang, khususnya yang tidak merokok, hal ini akan membuat kabin mobil jadi berbau dan tidak nyaman. Zat nikotin yang terkandung dalam asap rokok biasanya menempel di langit-langit mobil, sehingga menyisakan bau tidak sedap, jadi harus sering dibersihkan.

Nah, berikut cara sederhana untuk membersihkan bau rokok seperti dilansir Daihatsu.co.id:

Vacuum dan lap Interior, cuci mobil cara biasa sungguh tidak cukup menghilangkan bau rokok. Jadi, yang harus dilakukan adalah menggunakan vacuum cleaner sampai ke sela-sela terkecil, misal di bawah karpet dan dekat tuas transmisi. Kemudian, lap interior mobil dengan cairan pembersih, mulai dari jok, kaca bagian dalam, dashboard dan langit-langit. Plafon mobil bisa berubah warna karena asap rokok.

Buka kaca sambil berkendara perlahan, setelah bersih, berkendara sambil turunkan seluruh kaca pintu. Hal ini dilakukan agar sirkulasi udara semakin baik, serta berefek pada hilangnya bau rokok di dalam kabin. Lakukan dengan durasi 5-10 menit saja.

Pakai Bahan Alami, terakhir yang tidak kalah penting, letakkan bubuk kopi, vanilla atau kayu manis di kabin. Pilih salah satu, sesuaikan dengan wangi yang Sahabat inginkan. Bubuk tersebut akan menyerap bau rokok, sekaligus menyebarkan aroma memikat. Sehingga, kabin mobil kamu jadi lebih segar.

Cara pakai bubuk tersebut harus ketika mobil di parkir. Maksudnya, agar tidak berceceran dan justru membuat kabin kotor. Kamu dapat meletakkannya lebih dulu di wadah, kemudian taruh di kolong masing-masing jok. Diamkan 12 jam, dan kabin mobil kesayangan sudah tidak bau rokok.

Itulah beberapa cara untuk menghilangi bau rokok dan saran langit-langit mobil dibersihkan sendiri atau di bengkel perawatan tiap seminggu sekali agar tetap bersih dan tidak berbau.