Operasi Zebra Musi 2018 Hari ke 10, 150 Unit Terjaring

Operasi Zebra Musi 2018 Hari ke 10, 150 Unit Terjaring
hari ke -10 Operasi Zebra Musi 2018 di Jalan Demang Lebar Daun (MEDIASRIWIJAYA.COM/Ly)

PALEMBANG. MEDIASRIWIJAYA.COM -  Memasuki hari ke -10 Operasi Zebra Musi 2018, 150 unit kendaraan roda dua maupun roda empat berhasil terjaring dalam Operasi Zebra yang digelar oleh jajaran Satlantas Polresta Palembang, di Jalan Demang Lebar Daun Palembang. Jumat (9/11/18).

"Pada hari ke sepuluh giat Operasi Zebra kendaraan yang ditilang mencapai 150-an, akan tetapi ada 9 unit kendaraan roda dua yang terpaksa kita tahan karena yang bersangkutan tidak memiliki SIM atau STNK,”ungkap AKP AK Gani Waka Satlantas Polresta Palembang, saat ditemui di lokasi razia.

Motor yang diangkut karena yang bersangkutan tidak memiliki SIM dan STNK(MEDIASRIWIJAYA.COM/Ly)

Diakui Wakasat Lantas Polresta Palembang, kendaraan yang ditilang didominasi oleh kendaraan roda dua pelanggaran tilang yang paling banyak dikarenakan para pengendara tidak memiliki SIM atau SIM habis masa berlaku.

Bukan hanya itu, tugas selain melakukan penilangan juga melakukan teguran bagi pengguna jalan yang melanggar, dari pantauan beberapa warga yang terjaring saat melintas tidak memiliki SIM atau STNK maka kendaraan yang akan ditahan. 

Petugas dalam pelaksanaan di lapangan bagi kendaraan yang lupa membawa SIM atau STNK, memberikan keringanan bagi para warga untuk dapat menunjukkan SIM atau STNK kepada petugas sehingga dapat ditukar dengan kendaraan. "Ada motor yang dikembalikan maksudnya pemilik mempunyai SIM atau STNK tetapi tinggal di rumah, telah menunjukkan ke kita untuk menukar barang bukti, motor kita kembalikan" ujarnya. 

 

Motor yang ditahan karena yang bersangkutan tidak memiliki SIM dan STNK (MEDIASRIWIJAYA.COM/Ly)

Mengingat kendaraan yang ditilang didominasi oleh kendaraan roda dua yang tidak memiliki SIM atau SIM sudah habis masa berlaku untuk itu, Wakasat Lantas Polresta Palembang AK AK Gani mengimbau. "Untuk pengendara bagi yang tidak memiliki SIM silakan membuat SIM di Polresta Palembang" ingatnya.

Selama proses pelaksanaan razia di Jalan Demang Lebar Daun Palembang, tampak seorang laki-laki diketahui bernama Lukman (21) warga Kayuagung ini, terkejut saat laju kendaraannya dihentikan oleh petugas razia, tebakan motor Honda Beat warna hitam dengan nomor polisi BG 5038 KAK, hampir menabrak motor petugas polisi. "Aku takut, karena aku tidak punya SIM dan duit" ujarnya. (Ly).