Menteri Lukman : Penyuluh Sebarkan Agama dengan Cinta

Menteri Lukman : Penyuluh Sebarkan Agama dengan Cinta
(Foto Humas Kanwil Kemenag Sumsel)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan penyuluh agama jangan pernah punya rasa benci tetapi sebarkanlah agama dengan cinta kasih.

"Penyuluh agama haruslah mencerahkan, dan mengajak berbuat kebaikan bukan menyebarkan kebencian, karena itu ayo sebarkan semangat mencintai sesama ciptaan Allah SWT," katanya ketika menghadiri pertemuan penyuluh lintas agama dan peresmian lima rumah ibadah, di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, agama hanya bisa disebarkan dengan rasa cinta, Indonesia merupakan karunia luar biasa dari sang pencipta karena nilai religiusnya sangat tinggi dan rukun sertai damai.

Semua itu, adalah warisan dari pendahulu kita dimana meskipun berbeda tetapi kerukunan dan kedamaian terjaga dengan baik, karena itu harus terjaga sampai di masa yang akan datang, ujarnya.

Lukman menambahkan, nasib anak cucu kita di masa depan tentu sangat tergantung dengan kita saat ini.

"Mari terus menjaga kedamaian dan cinta kasih dengan nilai keagamaan yang diajarkan setiap keyakinan," tambahnya.

Ia mengungkapkan, agama bisa dilihat dari dua persfektif, yaitu dari sisi luar dan sisi dalam. Dari sisi luar agama dilihat secara formal. Di sinilah akan ditemui banyak perbedaan dan keragaman, seperti dalam syariat dan tata cara beribadah.

Sedangkan sisi dalam, esensi agama tidak ditemukan perbedaan, dimana tiap  agama bercita-cita untuk menegakkan keadilan serta menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, ungkapnya.

Menteri Lukman menegaskan, pemerintah senantiasa berusaha memberikan perhatian kepada para penyuluh agama, terutama penyuluh agama honorer atau non PNS. 

Dimana pihaknya akan menerapkan kebijakan mengangkat penyuluh non PNS menjadi PNS atau menaikan honor mereka sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi mereka, demikian. (Ne/ril)