Mendag Pastikan Harga Pangan Tetap Stabil Sepanjang 2019

Mendag Pastikan Harga Pangan Tetap Stabil Sepanjang 2019
MEDIASRIWIJAYA.COM/Ist Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita

MEDIASRIWIJAYA.com -- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan harga pangan tetap stabil sepanjang 2019. Ia mengatakan sejak pertengahan 2018, harga dan pasokan pangan lebih terkendali dan tidak ada lagi keluhan dari konsumen.

Enggar mengatakan komoditas pangan yang paling sensitif adalah beras karena merupakan komoditas utama. Sepanjang tahun 2019 ini, harga beras lebih stabil karena ketersediaan beras yang cukup baik yang disimpan Bulog.

"Saya pastikan tahun ini harga dan pasokan pangan aman," ujar dia ketika ditemui di Kantornya, Gedung Kemendag, Jakarta, Senin (7/1). Dari sisi distribusinya juga lancar karena didukung oleh pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh daerah.

Infrastruktur yang berkualitas sangat memengaruhi harga pangan sehingga barang cepat sampai. Akses tol darat di Jawa dan Tol laut akan mempermudah distribusi pangan. Sepanjang tahun ini, aspek pengawasan dan penegakan hukum juga berjalan baik. Ia tidak melihat adanya praktik penimbunan barang yang dilakukan pengusaha.

"Sekarang pengusaha takut karena kalau menimbun akan ada hukumannya," ujar dia. Enggar menuturkan kestabilan harga pangan tahun ini juga tidak terlepas dari peran tim koordinasi di beberapa daerah.

Tim pemantauan harga selalu melaporkan dan memantau jika terjadi tindakan kecurangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. "Konsumen tidak perlu khawatir menyambut tahun 2019 karena harga pangan terkendali 100 persen," ujar dia.

Sumber: Beritasatu