Mau Terhindar dari Gigi Berlubang yuk Kurangi Konsumsi Gula

Mau Terhindar dari Gigi Berlubang yuk Kurangi Konsumsi Gula
ilustrasi (net)

MEDIASRIWIJAYA.com - Meskipun ada bait lagu "lebih baik sakit gigi daripada sakit hati" tetapi yang namanya sakit gigi yaa tetap menyiksa luar biasa bukan hanya dirasakan orang dewasa tetapi anak-anak pun akan merasakan sakit yang tak tertahankan saat gigi sakit.

Ternyata, selain membersihkan gigi secara berkala dengan menyikat gigi setiap hari minimal dua kali pagi dan malam. Mengurangi konsumsi gula paling optimal untuk mengurangi masalah gigi, terutama karies atau berlubang.

Apalagi, diketahui gula selama ini menjadi penyebab utama penyakit diabetes dan obesitas ketika dikonsumsi secara berlebihan, seperti dilansir dari antaranews.com

Divisi on Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia, Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc dalam sebuah talkshow di Jakarta, Raby menjelaskan bagaimana gula memroses terjadinya gigi berlubang.

"Gula yang kita konsumsi diubah oleh 20 miliar mikroorganisme dalam mulut sebagai asam yang mengubah kondisi PH mulut. Inilah di mana proses pembentukan karies pun terjadi," katanya.

Dia menambahkan, namun, proses karies membutuhkan waktu sekitar enam bulan atau tidak langsung terbentuk seketika

Karena itu, dokter menyarankan agar pemeriksaan gigi dilakukan secara berkala yaitu enam bulan sekali, tambahnya.(net)