Malam Ini Bumi Berada di Titik Aphelion, Gunakan Jaket Anda. Alasannya?

Malam Ini Bumi Berada di Titik Aphelion, Gunakan Jaket Anda. Alasannya?
(net)

Palembang, MEDIASRIWIJAYA.com -- Ada banyak bertanya kenapa dalam beberapa hari terakhir ini cuaca terasa dingin? Jawabannya adalah karena kita di bumi sedang berada di titik Aphelion. Pada hari ini (6/7/2018), Bumi akan berada di titik aphelion yaitu posisi bumi berada jauh dari matahari. Dan itu menyebabkan suhu bumi menjadi lebih dingin dan mencapai titik minimumnya.

Dalam bidang astronomi, ada sebuah istilah bernama aphelion. Aphelion berarti jarak terjauh yang dicapai bumi dalam orbitnya mengelilingi matahari. Sedangkan kebalikannya adalah perihelion, yaitu jarak terdekat bumi dengan matahari.

Orbit bumi itu tidak bulat sempurna, tapi berbentuk elips. Maka itu, akan ada waktunya Bumi berada di titik terjauhnya dan juga di titik terdekatnya dengan Matahari.

Aphelion tahun ini akan terjadi 6 Juli 2018 pukul 23.48 WIB. Karena puncaknya terjadi saat malam hari, maka kita yang berada di Indonesia dan sekitarnya tidak bisa melihat peristiwa ini, hanya saja suhu udara menjadi lebih dingin.

Dikarenakan suhu menjadi lebih dingin, hal ini bisa menyebabkan bayi dan lansia mengalami gangguan kesehatan seperti mimisan, demam, dan hypothermia. Jadi, jangan lupa informasikan kepada keluarga anda supaya menggunakan baju lebih tebal, kaos kaki, sarung tangan saat malam hari. (net)