Kunjungi Pelatnas Bowling, Menpora Optimistis Indonesia Capai Target Tujuh Besar

Kunjungi Pelatnas Bowling, Menpora Optimistis Indonesia Capai Target Tujuh Besar
(Foto Ist)

SOLO, MEDIASRIWIJAYA.com - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi mengunjungi pelatnas cabang olahraga bowling, di Begawan Sport Center Solo Baru, Jawa Tengah, Kamis.

"Melihat kerja keras dan semangat atlet Asian Para Games yang luar biasa, saya optimistis, Indonesia mampu mencapai target tujuh besar pemenang event olahraga tingkat Asia tersebut," katanya dikutip dari kempora.go.id.

Dia menjelaskan, berharap bisa meraih satu medali emas dari cabang olahraga bowling.
 
Hal itu, tentunya bukanlah target yang tanpa dasar tetapi karena sangat terkesan dengan atlet putri potensi peraih emas bowling Indonesia Elsa Maris terus menampak perkembangan luar biasa dalam berlatih, ujarnya.

Imam menambahkan, untuk mencapai target tersebut tentunya bukan hanya kerja keras atlet dan pelatih tetapi juga dukungan dan kesiapan mental serta fisik juga sangat penting.

Dimana, kesehatan atlet harus benar-benar terjaga begitu juga dengan nutrisi dan psikologi sehingga bisa maksimal dan jauh dari masalah non-teknis, tambahnya.

Sementara pelatih bowling Asian Para Games 2018 Waluyo mengatakan potensi medali emas dari cabang olahraga bowling mendekati 99 persen. 

"khususnya Elsa, karena hasil evaluasi try out di Malaysia kelasnya di mix dengan putra karena lawannya hanya ada dari tiga negara yaitu Korea, Malaysia dan Singapura, katanya.
 
Sedangkan terkait venue di Jakarta dari 10 atlet (3 putri, 7 putra) dipastikan akan mudah untuk beradaptasi meskipun pelatnas di Solo.

Prestasi Indonesia di Asian Para Games Guangzhou 2010, Indonesia di peringkat 14 dengan raihan 1 medali emas, 5 perak dan 5 perunggu. Selanjutnya, di Incheon Indonesia Peringkat 9, dengan 9 medali emas, 11 perak dan 18 perunggu.
 
Kali ini, di Jakarta NPC Indonesia menargetkan masuk peringkat tujuh besar dengan 17 emas, yang diprediksi dari cabor para atletik 2 emas, para badminton 4 emas, chess 4 emas, power lifting 1 emas, swiming 4 emas, table tennis 2 emas.Sementara, cabang dengan emas terbanyak yaitu di para athletic 169 medali emas. 15 cabang dari 18 cabang Asian Para Games 2018 merupakan kualifikasi pertama Paralymlic 2020 Tokyo.(Net)