Kotak Suara Pemilu Sampai ke Kabupaten

Kotak Suara Pemilu Sampai ke Kabupaten
caption: kotak suara (ist)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com - Logistik pemilu seperti kotak dan bilik suara untuk pengadaan baru yang akan digunakan pada pemilu 2019 sudah sampai semua di kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan, Kelly Mariana di Palembang, Rabu (5/12) menyampaikan hal tersebut saat ditanya mengenai logistik pemilu 2019.

Menurut dia, kalau logistik untuk pemilihan presiden/wakil presiden dan pemilu legislatif pada tahun 2019 untuk surat suaranya sedang dalam proses.

Ia menyatakan, untuk surat suara ini pada Februari 2019 nanti, sedangkan yang lainnya kotak dan bilik suara pengadaan baru sudah sampai semua di kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

Selanjutnya disortir dan mengenai kalau ada kekurangannya berapa jumlahnya tentunya pengadaannya dilakukan pada tahun 2019 nanti, karena basis menghitung pengadaannya berdasarkan daftar pemilih sementara (DPS), bukan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) terakhir.

Kalau DPTHP terakhir tentunya ada yang kurang dan pengadaannya pada tahun 2019 nanti.

Selanjutnya untuk tinta juga sudah datang dan sampai semua di kabupaten/kota, sedangkan kalau sampul sedang dalam proses dan pada Desember nanti selesai, katanya.

Sementara lanjutnya, kalau untuk alat peraga kampanye (APK) tingkat provinsi sudah diserahkan ke partai politik, anggota DPD dan capres /cawapres kecuali satu partai politik yaitu PKB.

Ia menuturkan, PKB sampai kemarin belum memberikan desainnya untuk APK tersebut.

"Jadi, kami sudah secara langsung menghubungi memberitahu penghubungnya tapi sampai kemarin kami memberi deadline dibuat berita acaranya ditunggu di kantor tidak datang, makanya PKB harus menerima desain yang dilakukan di KPU, katanya. (ws)