Kisah Dibalik Desain Medali Asian Games 2018

Kisah Dibalik Desain Medali Asian Games 2018
Desain Medali Asian Games 2018 (net)

MEDIASRIWIJAYA.com – Even multi-cabang Asian Games 2018 memang sudah berakhir, total 5.600 medali yang terdiri dari 1.700 medali emas, 1.700 medali perak, dan 2.200 medali perunggu diberikan kepada atlet yang memenangkan pertandingan dalam even itu. Tapi tahukah Anda cerita menarik dibalik desain medali tersebut?

Medali Asian Games 2018 didesain oleh desainer muda Indonesia yaitu Elysa Munster dan Sera Prestasi, serta dibantu oleh Erwin Prawata.

Mereka memiliki tugas berbeda dalam mendesain medali untuk even olahraga terbesar se-Asia itu. Elysa bertugas sebagai concept artist, Sera sebagai 3d designer, dan Erwin sebagai texture and engineering artist.

Elysa mengaku desain dari medali tersebut menggabungkan dua elemen yakni official logo dan official mascot Asian games menjadi kesatuan dalam medali. Logo Asian Games yang berasal dari Gelora Bung Karno disatukan dengan desain batik yang digunakan oleh tiga mascot Asian Games yaitu batik Asmat, batik Palembang, dan batik Jakarta.

Penggabungan elemen dalam satu medali ini bertujuan untuk menggambarkan Bhinneka Tunggal Ika sebagai ciri khas Indonesia.

Proses desain medali sendiri memakan waktu 1 tahun dan mengalami beberapa kali revisi. Medali Asian Games 2018 terbuat dari bahan zinc alloy dan proses pembuatannya pun tidak mudah karena harus mempertahankan detail ornamen batik yang ada pada desainnya. (net)